Sabtu, 17/11/2018 15:57 WIB

AS Desak Korut Tiru Vietnam

Pompeo mengatakan dia berharap AS suatu hari nanti bisa berbagi kemitraan dengan Korut, sama halnya seperti Vietnam

Mike Pompeo (kiri) dan Kim Jong-un (kanan) (Foto: Reuters)

Hanoi – Sekretaris Negara Amerika Serikat Mike Pompeo mendesak Korea Utara meniru Vietnam, terkait normalisasi hubungan dengan Washington. Pompeo memandang, Kim perlu memanfaatkan momen saat ini, di mana AS dan Korut saling mengurangi ketegangan pasca KTT di Singapura pada Juni lalu.

Saat berbicara di forum eksekutif bisnis pada Minggu (8/7), Pompeo mengatakan dia berharap AS suatu hari nanti bisa berbagi kemitraan dengan Korut, sama halnya seperti Vietnam yang dulu pernah menjadi musuh AS.

Dilansir dari Reuters, komentar tersebut datang dua hari setelah pembicaraan yang dingin di Pyongyang. AS terus menagih janji Korut untuk melakukan denuklirisasi dan menyerahkan senjata nuklirnya.

Pompeo juga meyakini bahwa Presiden AS Donald Trump senada dengan yang ia katakan. Berkat berdamai, musuh lama AS seperti Vietnam dapat membangun hubungan tanpa mengancam kedaulatan dan bentuk pemerintahan.

“Fakta bahwa kami bekerja sama dan tidak encari lawan, ialah bukti bahwa ketika sebuah negara memutuskan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi dirinya sendiri bersama Amerika Serikat,” ujar Pompeo.

Dalam dua dekade terakhir, perdagangan bilateras AS dan Bietnam meningkat hingga 8.000 persen. Perusahaan-perusahaan AS juga menggelontokan miliar dolar untuk investasi.

TAGS : Amerika Serikat Korea Utara Vietnam




TERPOPULER :