Jum'at, 26/04/2024 19:59 WIB

Ketua MPR: Halal Bi Halal Tradisi Khas Indonesia

Silaturahmi halal bi halal untuk merajut kembali persaudaraan

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengahadiri Halal Bi Halal di Aula KH Ahmad Dahlan, Gedung Dakwah Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Rabu (4/7)

Jakarta - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan, halal bi halal merupakan tradisi khas bangsa Indonesia. Menurutnya, silarurahimi seperti ini perlu diperbanyak apalagi di tahun politik menjelang Pemilu Presiden 2019.

"Silaturahmi antarparpol perlu dilakukan," kata pria asal Lampung itu kepada awa media usai menhadiri halal bi halal di Aula KH Ahmad Dahlan, Gedung Dakwah Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Rabu (4/7).

Dirinya menyebut kemarin NU telah melakukan halal bi halal, hari ini Muhammadiyah. Selanjutnya dirinya mengharap agar lembaga negara yang lain dan partai politik melakukan hal yang sama.

"Jadi kalau di tahun politik banyak silaturahmi, itu berarti bagus," tegasnya.

Ia mengakui saat ini, sebagai politisi, masih fokus pada pertemuan dan lobby-lobby lintas atau antarpartai. Hal demikian dilakukan agar penyusunan komposisi lintas partai dalam menghadapi Pemilu Presiden bisa kuat dan diterima masyarakat.

Lebih lanjut dipaparkan dalam menghadapi bursa Capres dan Cawapres, diharapkan partai politik semakin intens bertemu. "Besok pagi saya mengundang Anies Baswedan,"ungkapnya.

"Sebelumnya saya mengundang Pak Prabowo, Cak Imin, Rizal Ramli, dan Pak Gatot," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Zulkifli Hasan juga menyikapi tenggelamnya KM Sinar  Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara; dan KM Lestari Maju di Selat Pulau Selayar, Sulawesi Selatan. Di mana tenggelamnya kapal tersebut membawa duka bagi bangsa Indonesia. Ada banyak korban jiwa dan raga dalam kejadian tersebut.

Zulkifli Hasan mengatakan, bila kecelakaan, tenggelamnya kapal motor, terjadi kali pertama, itu disebut sebagai musibah. Bila terjadi kedua kali, dikatakan sebagai kelalaian.

"Kalau terjadi ketiga atau terulang lagi itu merupakan bentuk ketidakpedulian," ujarnya.  Ditegaskan jangan sampai ada kesan terjadi  pembiaran. "Harus ada yang bertanggungjawab," paparnya.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua DPR Fachri Hamzah, Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Ketua PPP Rohamurmusy, beberapa  anggota MPR dan menteri Kabinet Kerja, para duta besar negara sahabat, serta tokoh, pengurus, dan aktivis Muhammadiyah

KEYWORD :

Warta MPR Zulkifli Hasan Muhammadiyah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :