Selasa, 25/09/2018 01:01 WIB

Mesir Robohkan Terowongan Gaza

 Dua juta penduduk Gaza menggantungkan hidupnya pada jaringan terowongan lintas perbatasan untuk mengimpor bahan pokok.

Ilustrasi terowongan (Foto:Foxnews via sindonews)

Gaza - Tentara Mesir pada Selasa menghancurkan  terowongan yang digunakan menyelundupkan barang-barang dari Semenanjung Sinai ke Jalur Gaza yang diblokade.

"Ledakan besar terdengar sampai ke kota Rafah di Gaza selatan saat terowongan dihancurkan," kata kantor berita Samaa mengutip sumber-sumber lokal.

Menurut sumber yang sama, tentara Mesir juga memompa air laut dalam jumlah besar ke terowongan itu untuk mencegah terowongan itu dibangun kembali.

Hingga saat ini tidak ada laporan resmi dari pejabat keamanan sipil atau otoritas Mesir mengenai korban jiwa. Beberapa laporan media, seperti harian Haaretz, menyebutkan bahwa delapan pekerja Palestina terperangkap di terowongan.

Seorang sumber mengatakan, tim evakuasi telah dikerahkan untuk mencari orang-orang yang selamat.

Akibat blokade Israel-Mesir yang telah berlangsung selama 11 tahun, sekitar dua juta penduduk Gaza menggantungkan hidupnya pada jaringan terowongan lintas perbatasan untuk mengimpor bahan pokok, termasuk makanan, bahan bakar, dan obat-obatan.

Semenanjung Sinai di Mesir masih menjadi pusat pemberontakan militan sejak 2013, ketika Mohamed Morsi, presiden terpilih pertama, digulingkan dalam kudeta militer mematikan.

Sejak itu, ratusan personel keamanan Mesir di Sinai gugur karena serangan militan, terutama di wilayah timur laut semenanjung itu, yang berbatasan dengan Gaza dan Israel. (aa)

TAGS : Mesir Gaza




TERPOPULER :