Kamis, 20/09/2018 01:29 WIB

AS Usulkan Rencana Denuklirisasi ke Korut

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan membahas rencana tersebut dengan para pejabat Korut dalam waktu dekat.

John Bolton (foto: BBC)

Washington – Amerika Serikat akan mengusulkan program denuklirisasi di Semenanjung Korea ke Korea Utara. Demikian keterangan Penasihat Kemananan Nasional AS John Bolton pada Minggu (Senin waktu setempat).

“Kami telah mengembangkan program,” ujar Bolton saat diwawancarai di program CBS.

Bolton, yang pernah menekan Pyongyang, mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan membahas rencana tersebut dengan para pejabat Korut dalam waktu dekat.

Mantan Dutar Besar AS untuk PBB itu juga mengungkapkan bahwa program itu dirancang oleh para ahli AS. Isinya yakni peta untuk membongkar program nuklir Pyongyang dan situs rudal balistik dalam waktu satu tahun.

“Yakni melakukan kerjasama dengan Korea Utara,” katanya singkat.

Dilansir dari Xinhua, Washington dan Pyongyang telah menjaga momentum denuklirisasi Semenajung Korea setelah pertemuan puncak 12 Juni di Singapura.

Pentangon mengumumkan lebih dari seminggu lalu bahwa AS berjanji menghentikan program latihan militer dengan Korea Selatan untuk mendukung kesepakatan KTT, termasuk program Freedom Guardian, pertandingan perang tahunan yang digelar dua kali dalam setahun pada Agustus dan September di laut Korea.

TAGS : Amerika Serikat Korea Utara Nuklir




TERPOPULER :