Jum'at, 16/11/2018 10:27 WIB

Segudang Manfaat Teh Chamomile Bagi Kesehatan

Seperti teh asli, teh herbal dapat disajikan panas atau dingin, tergantung pada suasana hati Anda!

Teh (foto: Groupon)

Jakarta - Berbagai jenis teh termasuk teh hitam, teh hijau, teh putih, teh oolong, dan sebagainya. Kategori lain dari teh adalah teh herbal yang disiapkan oleh rebusan atau infus berbagai herbal, rempah-rempah, atau bahan tanaman dalam air panas. Teh Chamomile tidak seperti teh biasa yang disiapkan dengan daun yang dikeringkan dan tidak mengandung kafein. Namun, seperti teh asli, teh herbal dapat disajikan panas atau dingin, tergantung pada suasana hati Anda!

Teh Chamomile adalah ramuan yang disiapkan menggunakan bunga chamomile kering bersama dengan air panas. Bunga Chamomile berwarna putih dan kuning, dengan penampilan yang mirip dengan bunga daisy. Jenis bunga ini berasal dari tanaman Eropa aromatik dari keluarga daisy dan banyak ditemukan di benua Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Australia selama musim panas.

Apa saja manfaat teh Chamomile? Simak penjelasan berikut.

1. Meringankan Masalah Kulit
Sifat anti-inflamasi teh chamomile membuatnya menjadi ramuan yang menenangkan untuk masalah kulit seperti terbakar sinar matahari, eksim, iritasi kulit, dll. Hanya menyeduh, mendinginkannya, dan menerapkannya secara luas ke area yang terkena.

2. Pemutih Kulit
Ramuan teh chamomile hanya dapat memiliki efek magis pada kulit, jika dioleskan secara topikal. Ini membantu Anda membersihkan kulit Anda, sementara bertindak sebagai pemutih dan pelembap alami, membuat kulit Anda bersinar.

3. Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat
Menerapkan teh chamomile pada kulit Anda juga dapat membantu Anda dalam memudarkan bekas luka atau bintik-bintik yang disebabkan karena jerawat. Terlepas dari ini, ini dapat membantu Anda mengurangi timbulnya jerawat baru, karena sifat antiseptik dan anti-peradangannya.

4. Apakah Anti-penuaan
Kehadiran antioksidan dalam teh chamomile melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini dapat membantu Anda merangsang sel dan regenerasi jaringan, sehingga mengencangkan pori-pori dan memperlambat proses penuaan kulit Anda.

5. Mengurangi Lingkaran Hitam dan Bengkak Mata
Menaruh kantong teh chamomile yang dingin (setelah digunakan dan didinginkan) di atas mata Anda dapat secara drastis mengurangi lingkaran hitam atau bengkak. Bergantian, itu juga dapat membantu merilekskan mata Anda, terutama jika lelah. Cukup pijat mata Anda, sebelum menempatkan teabag dingin setidaknya 4-5 menit, dan kemudian cuci mata Anda dengan air dingin.

6. Scrub Alami
Cukup campurkan teh chamomile dengan susu bubuk dan gunakan sebagai scrub alami untuk wajah dan tubuh Anda untuk pengelupasan kulit yang fantastis dan singkirkan kotoran dan kulit mati untuk hasil kulit halus, lembut dan segar.

7. Mengurangi Ketombe
Gunakan secara teratur setelah mencuci rambut Anda dengan sampo, dan perlakukan kulit kepala Anda dengan efek yang sangat menenangkan, sehingga mengurangi serta mencegah ketombe.

8. Dapatkan Tidur yang Baik
Jika Anda kesulitan tidur, Anda mengalami sleep apnea, pola tidur atau insomnia yang gelisah, maka teh chamomile bisa menjadi obat luar biasa untuk merangsang tidur dengan merilekskan sistem saraf. Kurangnya kafein membuatnya menjadi minuman yang luar biasa untuk konsumsi rutin setiap malam untuk tidur yang lebih baik.

9. Adalah Penambah Kekebalan yang Sangat Baik
Sifat anti-bakteri teh chamomile dapat membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus melindungi Anda dari berbagai penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

10. Brilliant Remedy For Cold
Memiliki secangkir teh chamomile panas dapat meringankan Anda dari dingin. Bahkan menghirup uap dari teh chamomile adalah obat yang efektif untuk mengobati flu.

11. Menyembuhkan Nyeri Berotot dan Menstruasi
Sifat anti-inflamasi dan antispasmodic teh chamomile membuatnya menjadi penghilang rasa sakit yang luar biasa. Setiap jenis kram yang berhubungan dengan perut, usus, menstruasi, dll. Dapat disembuhkan dengan konsumsi teh chamomile.

12. Mencegah dan Menyembuhkan Masalah Pencernaan
Teh chamomile berfungsi sebagai penenang bagi sistem pencernaan untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti sindrom iritasi usus, gas, kembung, gastroenteritis, perut kembung, diare, muntah, mual, dll.

13. Meredakan Stress
Mengkonsumsi teh chamomile dapat secara positif mempengaruhi tingkat pikiran atau kecemasan Anda dengan mengurangi stress.

14. Membuat Jantung Sehat
Dengan mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi yang tinggi, teh kamomil meningkatkan kesehatan jantung.

15. Mengatur Tingkat Gula
Ini membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan mengatur insulin, dan sangat dianjurkan untuk pasien diabetes.

Perlu untuk Diingat
Meskipun manfaat teh chamomile sangat banyak, Anda harus berhati-hati untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi. Hal ini diketahui menyebabkan efek samping tertentu seperti reaksi alergi, muntah, kantuk, mata gatal, dll, hanya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Oleh karena itu, disarankan agar Anda mengkonsumsinya secukupnya untuk menikmati manfaatnya semaksimal mungkin.

TAGS : teh chamomile bunga tips sehat minum tanaman




TERPOPULER :