Kamis, 22/11/2018 02:46 WIB

Tim Ichiro ITS Juara RoboCup 2018 di Kanada

Tim robot Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) sukses menjuarai RoboCup 2018 di Montreal, Kanada.

Kompetisi robotik di Montreal, Kanada (Foto: Humas ITS)

Surabaya – Kabar menggembirakan datang dari ajang kejuaraan robot dunia. Tim robot Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) sukses menjuarai RoboCup 2018 di Montreal, Kanada kategori Humanoid League Teensize Soccer Competition.

Tak tanggung-tanggung, dalam kompetisi yang berlangsung sejak 15 Juni hingga 21 Juni itu, Tim Ichiro ITS mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia dengan menggaet empat penghargaan sekaligus.

Adapun lima kategori yang dilombakan antara lain RoboCup Soccer, RoboCup Rescue, RoboCup @Home, RoboCup Industrial, dan RoboCup Junior.

Pertandingan dibagi lagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan ukuran robot. Dengan tinggi di atas 80 sentimeter, robot humanoid Ichiro masuk dalam kategori Teensize.

Dalam pertandingan robot ukuran remaja ini, hanya tiga robot yang diperbolehkan bermain di lapangan, yaitu dua pemain dan satu penjaga gawang.

Dosen pembimbing Tim Ichiro Muhtadin mengatakan, pemberian nama Ichiro mengandung maksud khusus. Dengan mengucap syukur, Muhtadin menyebut impiannya membawa ITS keluar sebagai juara dalam kompetisi ini akhirnya terwujud.

“Ichiro merupakan akronim dari ITS Champion in RoboCup,” jelas Muhtadi pada Jumat (22/6) lewat siaran pers.

Muhtadin menjelaskan, dalam babak penyisihan Tim Ichiro harus puas duduk di urutan kedua setelah menang empat kali dan satu kali kalah. Pemuncak klasemen di babak ini dipegang oleh Tm MRL HSL asal Iran.

Setelah lolos dari babak penyisihan, Ichiro ditantang oleh WF Wolves asal Jerman di babak semifinal. Beruntung, pernah menghadapi WF Wolves di babak penyisihan, Ichiro akhirnya unggul 2-0 dan lolos ke parta final. Sementara MRL HSL yang menghadapi Nu Bots asal Australia menang telak 5-0.

Di partai puncak, Ichiro berhasil menyudahi perlawanan MRL HSL yang tampil impresif. Dengan optimistis, robot berkaki bak manusia asal Surabaya itu dinobatkan sebagai juara setelah mengandaskan Iran dengan skor 3-0.

“Ini semua berkat doa dari tim dan semuanya. Kami tidak menduga bisa mengalahkan MRL HSL dengan skor cukup telak,” ucapnya.

TAGS : Tekno ITS Robotik




TERPOPULER :