Selasa, 20/11/2018 01:24 WIB

Soal Pj Gubernur Jabar, Jokowi: Silakan Tanya Mendagri

Presiden Jokowi mengaku tidak pernah mengusulkan mantan Kapolda Metro Jaya Komjen M Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar).

Presiden Jokowi

Jakarta - Presiden Jokowi mengaku tidak pernah mengusulkan mantan Kapolda Metro Jaya Komjen M Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar). Pelantikan Iriawan atas usulan dari Mendagri Tjahjo Kumolo.

Untuk itu, Jokowi meminta agar pelantikan Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar dikonfirmasi langsung kepada Mendagri. Menurutnya, pelantikan tersebut melalui tahapan dan pengkajian yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri.

"Semuanya sudah dalam pengusulan Pj Gubernur Jabar. Saya kira lebih detail, silakan tanya ke Mendagri," kata Jokowi, usai meninjau pengerjaan proyek runway Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (21/6).

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra, Nizar Zahro mengatakan, Presiden Jokowi dinilai layak mendapat kartu merah terkait pelantikan Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar.

Menurutnya, Jokowi sudah pernah mendapat kartu kuning dari BEM Universitas Indonesia. Menurutnya, jika pengangkatan Iriawan tidak segera dibatalkan, maka Presiden Jokowi layak mendapatkan kartu merah.

"Kartu merah layak diberikan karena adanya pelanggaran level berat. Dalam percaturan berdemokrasi hendaknya tetap berpegang pada UU yang berlaku," kata Nizar, kepada Jurnas.com, Selasa (19/6).

Kata Nizar, ambisi meraih kemenangan harus dilakukan dalam tindakan fair play. "Bila ada pelanggaran UU maka pelakunya wajib di-kartu merah dipersilahkan untuk meninggalkan lapangan," tegasnya.

Diketahui, secara mendadak Mendagri Tjahjo Kumolo melantik Komjen M. Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat. Meskipun dihujani kritik, pelantikan tetap dilaksanakan.

Padahal beberapa bulan sebelumnya, Menkopolhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo dan Kapolri Tito Karnavian sudah menyatakan tidak akan mengangkat Komjen M Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat.

Keputusan pembatalan diumumkan setelah Presiden Jokowi dipermalukan oleh Ketua BEM UI Zaadit Taqwa dengan aksi kartu kuningnya. Aksi tersebut dilakukan dengan salah satu tuntutannya adalah menolak rencana pengangkatan Komjen M Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat.

TAGS : Pilgub Jabar Mendagri Komjen Iriawan Pj Gubernur




TERPOPULER :