Kamis, 19/07/2018 20:42 WIB

Turki Disebut Kunci Perundingan Suriah

Turki adalah penggerak utama dalam proses Astana, dan saat ini Turki adalah penggerak utama dalam upaya-upaya di lapangan, termasuk Manbij.

Dari kiri ke kanan: Presiden Iran Hasan Rouhani, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden Turki Erdogan (Foto: Aljazeera)

Ankara - Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu  mengatakan, Ankara merupakan negara kunci dalam semua masalah terkait Suriah di perundingan Jenewa, Astana, dan Sochi, termasuk soal Manbij.

"Turki adalah penggerak utama dalam proses Astana, dan saat ini Turki adalah penggerak utama dalam upaya-upaya di lapangan, termasuk Manbij," kata Cavusoglu kepada saluran berita NTV.

"Turki adalah penggerak utama dalam mengakhiri konflik, langkah-langkah membangun kepercayaan, dan bantuan kemanusiaan. Turki adalah negara kunci utama dalam semua hal yang berkaitan dengan Suriah, termasuk soal kepulangan warga Suriah," tambahnya.

Selain itu, ia juga membahas pentingnya peta jalan Manbij yang dibentuk oleh Turki dan Amerika Serikat (AS) untuk masa depan Suriah.

Peta jalan diumumkan setelah pertemuan antara Cavusoglu dan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo di Washington pada 4 Juni.

Kesepakatan itu berfokus pada penarikan kelompok teror YPG yang berafiliasi dengan PKK dari kota Manbij di utara  Suriah dan stabilitas di kawasan itu. Jika pola itu terbukti sukses, Turki menyatakan akan mendorong pengaturan serupa di Suriah timur. (aa)

TAGS : Suriah Amerika Serikat Turki




TERPOPULER :