Jum'at, 26/04/2024 18:33 WIB

Uni Eropa Siapkan Tarif Pembalasan untuk AS

Blok 28-anggota sepakat untuk mengaktifkan tindakan balasan setelah Trump pada 1 Juni menyusul ancaman untuk memaksakan tarif pada ekspor baja dan aluminium Eropa.

Bendera Uni Eropa (Foto: UB Post)

Uni Eropa - Negara-negara Uni Eropa menyetujui tarif balasan termasuk pada alkohol dan sepeda motor, terhadap tugas-tugas dikenakan oleh Presiden AS Donald Trump pada logam Eropa.

Blok 28-anggota sepakat untuk mengaktifkan tindakan balasan setelah Trump pada 1 Juni menyusul ancaman untuk memaksakan tarif pada ekspor baja dan aluminium Eropa.

"Negara-negara anggota hari ini dengan suara bulat mendukung rencana komisi untuk adopsi langkah-langkah penyeimbangan tarif AS pada baja dan aluminium," kata sumber Komisi Eropa kepada AFP yang tidak mau disebutkan namanya.

Menurut sumber yang dekat dengan masalah  itu mengatakan, tarif tersebu akan mulai berlaku dalam beberapa hari mendatang, diperkiarakan  pada awal Juli. Tarif itu akan berlaku bahkan hal-hal kecil mulai dari celana jeans biru hingga sepeda motor dan alkohol,

Brussels yang pertama menyusun daftar pada Maret ketika Trump awalnya melayang tarif 25 persen pada impor baja dan 10 persen pada aluminium, yang juga menargetkan Kanada, Meksiko dan sekutu dekat lainnya.

"Uni Eropa akan menggunakan haknya atas produk-produk AS senilai hingga USD3,3 miliar  atau sekira 2,8 miliar euro perdagangan, sebagaimana diberitahukan kepada WTO," sumber komisi menambahkan.

Hubungan transatlantik berada pada pasang surut selama bertahun-tahun karena deretan berbagai masalah termasuk tarif, perjanjian iklim Paris, kesepakatan nuklir Iran dan kedutaan AS baru di Yerusalem.

KEYWORD :

Uni Eropa Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :