Jum'at, 17/08/2018 16:22 WIB

YLKI: Tol Trans Jawa Gagal Pemecah Kemacetan Arus Mudik

Selain memperpanjang hari libur Lebaran, tersambungnya tol Trans Jawa juga tidak mampu menampung lonjakan arus mudik kendaraan pribadi roda empat yang melewati jalan tol, terutama tol Cikampek dan Cipali.

Tol Palimanan

Jakarta - Selain memperpanjang hari libur Lebaran, tersambungnya tol Trans Jawa juga tidak mampu menampung lonjakan arus mudik kendaraan pribadi roda empat yang melewati jalan tol, terutama tol Cikampek dan Cipali.

Demikian disampaikan Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, melalui rilisnya, Jakarta, Rabu (14/6). Menurutnya, peningkatan pemudik roda empat cukup signifikan.

"Menurut Kemenhub pada 2017 sebanyak 3,3 juta unit dan pada 2018 mencapai 3,7 juta unit. Bisa dipastikan lebih dari 40 persennya adalah pengguna tol," kata Tulus.

Sehingga, kata Tulus, bisa dibayangkan jika jumlah pemudik di Jabodetabek mencapai 11 juta. "Dengan demikian, perpanjangan libur Lebaran dan atau tersambungnya tol Trans Jawa gagal sebagai pemecah kemacetan arus lalu lintas mudik Lebaran," tegasnya.

TAGS : Arus Mudik Idul Fitri Lebaran 2018




TERPOPULER :