Kamis, 25/04/2024 11:25 WIB

Jelang Lebaran, Ziarah Makam ke Leluhur

Ziarah makam masih menjadi tradisi bagi sebagian umat islam, baik saat Ramadan atau menjelang Idul Fitri.

Ilustrasi pemakaman

Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 sejumlah pemakaman umum terus dipadati warga yang hendak melakukan ziarah ke makam sanak saudara atau keluarga mereka.

Selain membersihkan tanah makam saudara atau keluarga yang telah pergi lebih dulu, para peziarah juga nampak menggelar doa di dekat makam dan tak lupa menaburi bunga.

Salah satu peziarah, Sena Wati mengatakan ia dan keluarga biasanya ziarah ke makam kakek, nenek dan buyut satu hari sebelum Lebaran.

“Sudah terbiasa dari kecil diajari orang tua saya untuk selalu ingat dengan leluhur, makanya saya juga mengajak anak-anak ikut ziarah," ujar Sena yang berkampung halaman di Muntilan ini.

Selain untuk berdoa di makam keluarganya, Sena juga sengaja datang untuk mengecek kondisi makam. Apakah terlihat kotor, rusak, ataupun nampak tenggelam di antara makam lainnya.

Menurut Sena, ini adalah waktu yang tepat baginya untuk nyekar ke sanak keluarga. Kata dia, kegiatan nyekar sudah menjadi kebiasaan (tradisi) yang dilakukan bersama-sama dengan keluarga.

KEYWORD :

Lebaran Ziarah Tradisi Idul Fitri 2018




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :