Kamis, 25/04/2024 20:00 WIB

Tips Atasi Anak Mabuk Saat Mudik

Salah satu kendala yang harus dihadapi saat mudik bersama keluarga adalah, ketika anak mudah mabuk ketika menempuh perjalanan panjang. Berikut tips atasi anak mudah mabuk ketika mudik.

Ilustrasi anak. (Foto : google)

Jakarta - Mudik menjadi salah satu tradisi untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman dalam merayakan hari Raya Idul Fitri. Namun, ada sejumlah kendala yang harus dihadapi dalam perjalanan mudik.

Salah satu kendala yang harus dihadapi saat mudik bersama keluarga adalah, ketika anak mudah mabuk ketika menempuh perjalanan panjang.

Namun, jangan khawatir bagi keluarga yang memiliki anak yang mudah mabuk saat perjalanan panjang. Ada beberapa tips untuk mengatasi ketika anak mabuk dalam perjalanan.

Berikut tips untuk mengatasi ketika anak mudah mabuk dalam perjalanan seperti dikutip dari akun instagram @ibupedia_id, Jakarta, Rabu (13/6).

1. Tanda mabuk perjalanan

Waspadai tanda awal mabuk perjalanan. Seperti, keringat dingin dan hilang selera makan. Begitu muncul, hentikan mobil dan biarkan anak beristirahat. Kalau ini terjadi saat lagi di pesawat, minta anak melihat keluar jendela.

2. Alihkan perhatian

Alihkan perhatian dengan mengajak ngobrol atau bernyanyi. Jangan biarkan dia membaca buku, main gadget, atau main mainannya.

3. Sedia cemilan

Sediakan makanan ringan selama perjalan karena rasa lapar bikin mual makin memburuk.

4. Lihat satu titik

Saat berada di mobil, minta anak untuk melihat ke depan ke arah satu titik.

5. Jalan di jam tidur

Usahakan waktu perjalanan sesuai dengan jam tidur anak karena dia akan tidak merasa mual saat tidur.

6. Udara sejuk

Udara sejuk bisa membantu. Buka jendela mobil agar angin sejuk masuk. Kalau sedang di kapal, ajak anak ke bagian dek kapal.

KEYWORD :

Arus Mudik Idul Fitri Lebaran Anak Mabuk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :