Jum'at, 26/04/2024 18:02 WIB

Jangan Makan Opor Ayam Berlebihan, Ini Akibatnya

Mengonsumsi opor ayam di hari lebaran tak terkira nikmatnya. Apalagi dipasangkan dengan ketupat atau sepiring nasi hangat.

Opor ayam

Jakarta – Mengonsumsi opor ayam di hari lebaran tak terkira nikmatnya. Apalagi dipasangkan dengan ketupat atau sepiring nasi hangat.

Namun tahukah kamu bahwa mengonsumsi opor ayam secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan, atau bahkan cenderung berbahaya bagi tubuh?

Opor ayam yang kita kenal mengandung santan kelapa. Meski nikmat, ternyata santan mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kandungan kolesterol jahat (LDL), serta memicu naiknya asam lambung.

Jika kolesterol jahat dalam tubuh sudah meningkat, maka risiko terkena penyakit stroke juga tinggi. Stroke terjadi karena kolesterol dalam darah yang berbentuk lemak menyumbat pembuluh darah menuju otak.

Beberapa penyakit yang juga bersumber dari lemak jenuh antara lain: obesitas, penyakit jantung, darah tinggi, kerusakan empedu, hingga kram otot.

Nah, agar kamu terhindar dari berbagai penyakit tersebut, batasi konsumsi santan saat Hari Raya. Jangan khilaf hanya untuk mengeyangkan perut atau ‘membayar niat’ usai berpuasa selama satu bulan.

KEYWORD :

Idul Fitri Lebaran Opor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :