Selasa, 20/10/2020 16:15 WIB

Trump dan Kim Jong un Tandatangani Kesepakatan Denuklirisasi Komprehensif

Belum ada rincian lebih lanjut mengenai kesepakatan tersebut.

Kim Jong un tiba di Singapura (Foto: Reuters)

Seoul - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan proses denuklirisasi Korea Utara akan dimulai secepatnya. Itu disampaikan setelah pemimpin kedua negara mengakhiri pertemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa.

Kedua pemimpin menandatangani kesepakatan "komprehensif" di depan awak media internasional, tetapi belum ada rincian lebih lanjut mengenai kesepakatan tersebut.

Trump menyatakan akan mengungkap lebih banyak informasi tentang kesepakatan itu di kemudian hari, para analis mempertanyakan apakah kedua belah pihak akan dapat menyetujui kondisi denuklirisasi Utara.

Korea Utara telah berulang kali mengancam akan menyerang AS, setelah permusuhan dan kecurigaan yang berlangsung selama beberapa dekade sejak Perang Korea 1950-53 ditutup dengan gencatan senjata. Trump membalas dengan retorikanya sendiri sejak menjabat tahun lalu.

Kepada wartawan di Capella Hotel, Kim mengatakan mereka telah memilih untuk meninggalkan masa lalu di belakang. Trump juga menyatakan dia akan mengundang pemimpin Korea Utara ke Gedung Putih. (aa)

 

TAGS : Kim Jong un Korea Utara Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :