Selasa, 23/10/2018 14:13 WIB

Bentrok di Yaman, 50 Militan Houthi Tewas

Sebanyak 50 militan tewas dalam serangan udara yang diluncurkan oleh pasukan koalisi di bawah pimpinan Arab Saudi.

Iran diketahui memasok senjata ke milisi Houthi di Yaman (Foto: AFP)

Yaman  - Sebanyak 50 militan Houthi tewas dalam bentrokan dengan tentara Yaman di kota Al-Hudaydah, sebelah barat Yaman.

Dalam pernyataan tertulis dari Pusat Informasi Brigade Al-Umalika yang terhubung dengan pemerintah, bentrokan antara pasukan Yaman dan militan Houthi terus berlanjut sejak Senin, di kabupaten Bait al-Fakiyyah, wilayah AL-Jah. 

Akibat bentork tersebut, sebanyak 50 militan tewas dalam serangan udara yang diluncurkan oleh pasukan koalisi di bawah pimpinan Arab Saudi.

Dalam operasi pencarian setelah bentrokan sengit itu, banyak amunisi milik kelompok Houthi disita di daerah-daerah pepohonan kurma.

Yaman dilanda perang saudara sejak 2014, ketika kelompok pemberontak Houthi menguasai Ibu Kota Sanaa dan sebagian besar wilayah negara, sehingga memaksa pemerintah Yaman yang diakui secara internasional melarikan diri ke Arab Saudi.

Pada 2015, Arab Saudi dan sekutunya melancarkan kampanye udara besar-besaran untuk menggulingkan pertahanan Houthi.

Konflik telah menghancurkan infrastruktur Yaman, termasuk sistem air dan sanitasi, membuat PBB menggambarkan situasi Yaman sebagai "salah satu bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern". (aa)

TAGS : Yaman Houthi




TERPOPULER :