Selasa, 13/11/2018 13:31 WIB

China dan Iran Sepakat Tingkatkan Kerjasama Bilateral

Kedua pemimpin mencapai konsensus selama pembicaraan setelah menghadiri KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) ke-18 di kota pesisir Qingdao, di Provinsi Shandong, Tiongkok timur

Iran dan China

Jakarta - Presiden Cina Xi Jinping dan mitranya dari Iran, Hassan Rouhani, sepakat untuk meningkatkan kerja sama pragmatis antara kedua negara, pada Minggu (10/05).

Kedua pemimpin mencapai konsensus selama pembicaraan setelah menghadiri KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) ke-18 di kota pesisir Qingdao, di Provinsi Shandong, Tiongkok timur. Xi menyambut Rouhani untuk mengunjungi China dan menghadiri KTT.

Mengingat bahwa China dan Iran mengumumkan pembentukan kemitraan strategis yang komprehensif selama kunjungan kenegaraan ke Iran pada 2016 silam, Xi mengatakan kedua negara sejak saat itu telah meningkatkan kerjasama dan sepenuhnya menerapkan konsensus yang dicapai antara dia dan Presiden Rouhani.

"China dan Iran telah membuahkan hasil di berbagai bidang kerja sama dan menyaksikan semakin dekatnya pertukaran antar-warga," kata Xi.

Memperhatikan bahwa ada potensi bagi China dan Iran untuk memperdalam hubungan mereka, Xi mengatakan China siap bekerja dengan Iran untuk bersama-sama mempromosikan pembangunan jangka mantap dan jangka panjang dari kemitraan strategis yang komprehensif.

Xi menyerukan kepada kedua pihak untuk memperdalam hubungan politik sebagai prinsip menyeluruh untuk terus meningkatkan saling percaya strategis, meningkatkan pertukaran di semua tingkatan, dan terus memahami dan mendukung satu sama lain dalam isu-isu keprihatinan utama yang melibatkan kepentingan inti masing-masing.

China dan Iran harus meningkatkan kerja sama pragmatis yang berfokus pada Belt and Road Initiative, mempromosikan penegakan hukum dan kerja sama keamanan yang berpusat pada kontra-terorisme, dan memperdalam pertukaran dan kerjasama antar-rakyat dengan tujuan untuk meningkatkan persahabatan China-Iran.

Menggambarkan kesepakatan nuklir Iran sebagai hasil penting dari multilateralisme, Xi mengatakan kesepakatan itu kondusif untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah dan rezim non-proliferasi internasional, dan harus terus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

China secara konsisten mendukung penyelesaian damai untuk masalah sengketa internasional dan siap untuk memperkuat kerja sama dengan Iran di bawah kerangka multilateral dan mempromosikan pembangunan jenis hubungan internasional yang baru.

Kunjungan Xi ke Iran dua tahun lalu secara signifikan meningkatkan hubungan bilateral, kata Rouhani, menambahkan bahwa Iran merasa senang tentang kelancaran pengembangan kemitraan strategis komprehensif Iran-Cina.

Iran bersedia untuk memperdalam kerja sama pragmatis di berbagai wilayah dengan China, dan juga melaksanakan perjanjian kerjasama untuk bersama-sama membangun Belt dan Jalan, Rouhani mencatat.

"Keberadaan kesepakatan nuklir Iran saat ini menghadapi tantangan, dan Iran mengharapkan masyarakat internasional termasuk China untuk memainkan peran positif dalam menangani isu-isu terkait," ujar Rouhani

Setelah pembicaraan, Xi dan Rouhani menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama bilateral.

TAGS : China Iran Kerjasama




TERPOPULER :