Selasa, 14/07/2020 04:25 WIB

8 Tips Mencegah Nyeri Punggung Saat Mudik Lebaran

Nah untuk meringankan nyeri punggung atau mencegahnya ikuti tipsnya berikut.

ilustasi nyeri punggung.(Foto : Google)

Jakarta - Musim mudik telah tiba, entah mudik menggunakan mobil, kereta, kapal bahkan pesawat Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk. Mengangkat barang yang berat, duduk terlalu lama dan posisi duduk yang salah menyebabkan nyeri punggung. Nah untuk meringankan nyeri punggung atau mencegahnya ikuti tipsnya berikut.

1. Pertahankan berat badan yang sehat
Tetap fit adalah salah satu rekomendasi paling penting untuk menghindari sakit punggung. Berat badan berlebih memberikan tekanan pada punggung Anda dan dapat menyebabkan rasa sakit. Makan makanan sehat atau tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran serta mengurangi makanan olahan dapat menjaga berat badan Anda.

2. Jaga otot punggung Anda kuat
Masalah punggung yang paling umum terjadi karena orang jarang melakukan angkat beban atau bekerja. Nyeri punggung biasanya terjadi ketika ada degenerasi tulang belakang karena tulang belakang bekerja terlalu keras. Tetapi ketika Anda membangun kekuatan otot yang cukup di punggung Anda dengan latihan, otot-otot memberikan tulang punggung Anda dukungan yang dibutuhkan untuk menjaganya tetap sehat. Itulah mengapa terapi fisik adalah perawatan nyeri punggung standar, tetapi dalam bentuk tubuh dapat membantu Anda menghindari nyeri punggung sejak dini.

3. Regangkan otot-otot Anda
Selain olahraga, peregangan penting untuk tetap fleksibel dan menghindari masalah punggung. Ini juga merupakan bagian penting dari pemulihan dari cedera punggung. Lakukan peregangan sebelum melakukan angkat berat atau olahraga dan biasakan melakukannya sebelum tidur. Peregangan dapat sesederhana membungkuk ke depan, membungkuk ke belakang, dan membungkuk ke samping. Latihan peregangan yang paling utama ialah yoga.

4. Fokus pada postur yang baik
Postur yang buruk merupakan kontributor utama nyeri punggung. Berdiri tegak dengan telinga Anda di atas bahu Anda, bahu Anda di atas sendi pinggul Anda, dan sendi pinggul Anda di atas pergelangan kaki Anda akan membantu menjaga kesehatan bebas rasa sakit. Saat Anda duduk, siapkan kursi yang dirancang untuk menjaga punggung tetap lurus akan membantu.

5. Angkat beban dengan benar
Saat Anda mengambil benda berat, tekuk lutut dan jaga benda itu dekat dengan tubuh Anda. Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak memelintir tubuh Anda ketika Anda mengangkat, dan memakai penjepit jika Anda memiliki pekerjaan yang membutuhkan pengangkatan berat.

6. Jangan bawa beban terlalu berat
Membawa tas mengubah keseimbangan Anda dan dapat mengubah lengkungan tulang belakang Anda. Bahkan dompet yang penuh dengan kartu dan tanda terima di saku belakang Anda dapat mempengaruhi punggung Anda karena itu memberi tekanan pada saraf skiatik Anda.

7. Berlatih menghilangkan stres untuk meredakan nyeri punggung
Stres cenderung membuat sakit punggung bertambah buruk. Itu mungkin merupakan alasan bagus untuk berlatih yoga. Cara lain untuk mengurangi stres adalah memperlakukan diri Anda dengan baik, menghindari penjadwalan hari yang berlebihan, dan meluangkan waktu untuk menikmati hidup.

8. Tidur nyenyak
Kasur lembut mendorong punggung Anda keluar dari keselarasan, jadi lebih baik untuk memilih kasur yang dalam kisaran menengah sampai keras untuk menghilangkan nyeri punggung. Menjalani gaya hidup sehat yang penuh dengan olahraga dan berhati-hati untuk memiliki punggung yang sehat dapat membantu Anda hidup bebas dari nyeri punggung kronis.

TAGS : nyeri punggung mudik lebaran tips sehat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :