Selasa, 23/10/2018 14:29 WIB

Pernyataan PM Kanada Bikin AS Geram

Justin Trudeau terkait pemberlakuan tarif baru impor baja dan Aluminium ke Amerika Serikat, membuat pihak AS Geram

Justin Trudeau (foto: Notey)

Jakarta - Respon Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau terkait pemberlakuan tarif baru impor baja dan Aluminium ke Amerika Serikat, membuat pihak AS Geram. Pasalnya, Trudeau mengancam akan membuat tarif khusus untuk barang AS yang masuk ke Kanada.

Pada tanggal 31 Mei, AS mengumumkan untuk memberlakukan tarif 25 dan 10 persen pada baja dan aluminium masing-masing pada tiga mitra dagang terbesarnya yakni Kanada, Meksiko dan Uni Eropa (UE).

Tak terima hal tersebut, Trudeau berbicara dalam sebuah konferensi pers setelah KTT G7, di mana dia mengatakan bahwa Kanada akan bergerak maju dengan langkah-langkah pembalasan mulai dari 1 Juli sebagai tanggapan terhadap keputusan Trump untuk memberlakukan tarif perdagangan 25 persen pada aluminium dan baja pada sekutu terdekatnya Kanada, Meksiko, dan Uni Eropa.

Bahkan sebelumnya, PM Kanada menyebut tarif perdagangan itu `menghina dan tidak dapat diterima` dan mengumumkan bahwa negara itu akan mengenakan tarifnya sendiri atas barang-barang AS sebagai pembalasan.

Bereaksi terhadap hal yang sama, penasihat ekonomi utama Trump, Larry Kudlow mengatakan "Trudeau benar-benar menusuk kita dari belakang, jika mengambil langkah tersebut," katanya.

Sebelumnya, Presiden AS juga merespon rencana PM Kanada tersebut dengan menyebut bahwa apa yang dilakukan Trudeau adalah tindakan "bodoh" yang bisa mempengaruhi perdagangan kedua negara. 

TAGS : Kanada Amerika Trump Trudeau




TERPOPULER :