Senin, 19/11/2018 18:04 WIB

Komunitas di Inggris Minta Selidiki Islamophobia

Serikat Mahasiswa Nasional mengungkapkan solidaritas dengan Muslim Council of Britain dan Konservatif Forum Muslim.

Ilustrasi Islamphobia (foto: anadolu)

London  - National Union of Students, sebuah organisasi yang mewakili siswa di seluruh Inggris, mendukung Dewan Muslim Inggris (MCB) dan Forum Konservatif Muslim dalam menyerukan penyelidikan atas Islamophobia di dalam Partai Konservatif.

"Sebagai pejabat Muslim penuh waktu dan perwakilan National Union of Students (NUS), kami ingin menyampaikan solidaritas kami dengan Dewan Muslim Inggris (MCB) dan Forum Muslim Konservatif dalam menyerukan tinjauan independen ke dalam Islamophobia di dalam Partai Konservatif," kata NUS dalam sebuah pernyataan Jumat.

"Mengingat konteks politik saat ini, lebih penting daripada sebelumnya untuk menolak segala bentuk rasisme - di manapun dan kapanpun itu terjadi," tambahnya.

MCB, dalam sebuah surat terbuka pada 30 Mei lalu, telah menyerukan penyelidikan independen terhadap dugaan Islamofobia dalam partai Konservatif, mengutip laporan insiden mingguan dan kejadian "rasisme anti-Muslim dari perwakilan Partai Konservatif".

MCB mendaftarkan 12 laporan tentang insiden semacam itu yang terjadi dalam dua bulan terakhir.

Menteri Dalam Negeri Sajid Javid membantah laporan yang disampaikan oleh MCB dan menolak klaim Islamofobia dalam partai Tory. Dia balik menuduh hal itu tidak mewakili Muslim Inggris dan diduga memiliki kaitan dengan ekstremisme.

Telah ada dukungan dari MCB dari berbagai kelompok di seluruh Inggris, termasuk komentar Javid.

Sebanyak 11 payung organisasi yang mewakili lebih dari 350 masjid dan lembaga di Inggris, juga telah menulis kepada partai Konservatif untuk menyerukan penyelidikan. Tidak hanya itu Persatuan Siswa Yahudi juga telah menyatakan solidaritas dengan MCB.

Jeremy Corbyn, pemimpin partai Buruh oposisi, juga sudah menyatakan dukungannya dan menyerukan penyelidikan. Dua anggota parlemen Konservatif senior lainnya juga dikabarkan telah menulis surat kepada tim Perdana Menteri Theresa May.

TAGS : Inggris MCB Islamophobia




TERPOPULER :