Minggu, 23/09/2018 08:37 WIB

Perdagangan AS-China Alami Surplus US$24,58 Miliar

Data terbaru tersebut menunjukkan bahwa tidak ada penurunan di tengah ketegangan AS dan China di bidang perdagangan.

Ilustrasi China dan Amerika melakukan kesepakatan (Foto: Xhinhua)

Beijing - Surplus perdagangan China dan Amerikat Serikat mengalami peningkatan. Dari US$22,15 miliar pada April 2018, menjadi US$24,58 pada Mei lalu, sehingga total surplus perdagangan Januari-Mei sebesar US$104,85 miliar.

Dilansir dari Reuters pada Jumat (8/6), data terbaru tersebut menunjukkan bahwa tidak ada penurunan di tengah ketegangan AS dan China di bidang perdagangan.

Seperti diketahui, AS dan China sedang `Perang Dagang`. AS mengancam akan memberlakukan tarif hingga US$50 miliar untuk impor produk China yang menantang dominasi teknologi AS. Trump bahkan berencana menaikkan tarif hingga US$100 miliar

Sebagai balasan, China juga memberlakukan US$50 miliar untuk produk AS, dan menolak untuk meningkatkan pembelian produk-produk Amerika Serikat (AS), jika Presiden Donald Trump menindaklanjuti ancamannya.

Ketegangan keduanya sempat mereda, setelah China berjanji untuk meningkatkan pembelian di bidang pertanian, energi, dan produk lainnya dari AS. Setelah itu, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menyatakan penangguhan tarif impor.

TAGS : Perang Dagang Amerika Serikat Tarif Impor




TERPOPULER :