Senin, 24/09/2018 16:17 WIB

Sebanyak 58 Wanita Budak Seks Diselamatkan di Nigeria

Meskipun mengklaim telah menghancurkan kelompok Boko Haram, Nigeria terus bertempur melawan kelompok tersebut.

Ilustrasi pelecehan seksual (Foto: clinical advisor)

Lagos - Juru bicara Militer Nigeria Onyema Nwachukwu mengatakan, setidaknya 58 wanita yang menjadi budak seks dan 75 anak-anak diselamatkan dari militan Boko Haram di negara bagian Borno di timur laut Nigeria. Di antara para tawanan itu juga termasuk 15 orang pria.

Dalam sebuah pernyataan,  Nwachukwu mengatakan, di antara budak seks itu terdapat dua remaja yang sedang dalam kondisi hamil.

"Pasukan menyelamatkan para sandera selama Operasi Pembersihan yang ekstensif pada hari Minggu 3 Juni 2018, untuk membersihkan area umum Bama, Modu Kimeri dan Gulumba Gana dari elemen-elemen teroris Boko Haram dari serangan pasukan yang sedang berlangsung di Danau Kepulauan Chad dan pinggiran perbatasan utara Negara Bagian Borno," kata juru bicara itu.

"Para sandera yang diselamatkan, terdiri dari 15 pria, 58 wanita dan 75 anak-anak, yang terungkap pada saat interogasi oleh pasukan Operasi Lafiya Dole dan badan keamanan lainnya, dan menemukan bahwa para teroris Boko Haram telah secara seksual melakukan kekerasan kepada perempuan dan menggunakan mereka sebagai budak seks."

Nwachukwu mengatakan operasi telah melihat pasukan membersihkan dari "sisa-sisa Boko Haram" di desa-desa seperti China, Sabon Gari-1, Sabon Gari-2, Sabon Gari-3 dan Sabon Gari-4, Nguzoduwa, Falla, Bulangala, Botori dan Bula Matawa.

Meskipun pihak militer mengklaim telah menghancurkan kelompok militan itu, Nigeria terus melihat adanya pertempuran kecil antara pasukan dan pejuang Boko Haram yang kadang-kadang digunakan sebagai arena  bom bunuh diri di wilayah permukiman sipil. (aa)

TAGS : Nigeria budak seks




TERPOPULER :