Jum'at, 16/11/2018 20:41 WIB

Menteri Amran Coret 5 Importir Bawang Putih

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman usai menjadi Inspektur Upacara dalam Memperingati Hari Kelahiran Pancasila, di Lapangan Kementan, Jakarta, Jumat (1/6).

Jakarta -  Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman tak beri izin lima importir bawang putih berbisnis dengan Kementerian Pertanian (Kementan). Itu disampaikan usai menjadi Inspektur Upacara dalam Memperingati Hari Kelahiran Pancasila, di Lapangan Kementan, Jakarta, Jumat (1/6).

"Hari ini kami pereintahkan Direktur Jenderal Hortikulturan, untuk blacklist perusaahan PT PTI, PT TSR, PT CGM, PT FMT dan PT ASJ . Perusahaan itu dan kroninya tidak boleh bisnis di sektor pertanian," tegas Menteri Amran.

Amran menyebutkan blacklist diberlakukan bagi perusahaan yang bermasalah dengan hukum, impor tidak sesuai peruntukan, mempermainkan harga sehingga dispasritas tinggi 500 hingga 1000 persen, manipulasi wajib tanam dan lainnya.

"Bertepatan dengan hari Lahir Pancasila ini, saya serukan perangi mafia pangan.Tutup perusahaan nakal, dan buka pintu lebar lebar bagi perusahaan dan investor yang profesional dan berintegritas," sebutnya.

"Kami sudah sampaikan ke Satgas Pangan Mabes Polri, mafia pangan harus dituntas. Jadi bagi para pengusaha, jangan coba main-main. Kamk tidak akan memberi kompromi, yang mempermainkan petani dan konsumen," sambungnya.

Amran mengatakan, Perusahaan yang diblacklist PT PTI, PT TSR, PT CGM, PT FMT dan PT ASJ digantikan dan dipersilakan BUMD Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Perusda Sulawesi Selatan, BUMN maupun perusahaan lokal masuk ke dalam bisnis bawang putih. Bila di pasar terjadi gejolak harga, mereka akan menstabilkan harga dengan operasi pasar.

"Merekapun wajib tanam bermitra dengan petani. Pola kemitraan petani diyakini menguntungkan kedua belah pihak," jelas Amran.

Bagi 26 importir yang sudah mendapat ijin impor 2018,  terus kami evaluasi, apabila terbukti melakukan kartel, tidak  segan segan mem-blacklist beserta group perusahaannya. Demikian juga bagi importir yang tidak melakukan wajib tanam, langsung di blacklist perusahaannya.

TAGS : Kementan importir Bawang Putih




TERPOPULER :