Sabtu, 20/04/2024 23:31 WIB

Minum Susu Dapat Menahan Lapar Saat Puasa

Selain sumber protein yang baik, susu dikenai sebagai sumber kalsium yang mudah diserap.

Susu segar

Jakarta - Saat puasa asupan protein, mineral dan vitamin sangat di butuhkan. Manfaat ini dapat Anda temukan dalam susu. Segelas susu mengandung 12 persen asupan protein harian yang direkomendasikan, yang dapat membantu fungsi dan kekebalan tubuh sepanjang hari terutama selama bulan ramadan.

Sebagai bagian dari pola makan sehat, susu penting untuk dikonsumsi semua anggota keluarga, terutama saat membutuhkan asupan nutrisi tinggi.

Ines Yumahana, Senior Nutrition Manager PT Fonterra Brands lndonesia menjelaskan, asupan selama berpuasa harus terdiri dari makanan yang bergizi dan susu yakni asupan yang padat gizi yang memberikan energi, mengandung protein berkualitas tinggi serta vitamin dan mineral penting Iainnya.

"Mengonsumsi susu dan mengombinasikan dengan makanan yang sehat seimbang di saat sahur dan berbuka dapat membantu memenuhi zat gizi yang tubuh kita butuhkan," jelas Ines pada peluncuran Anchor Full Cream Milk Powder di Jakarta, Rabu (30/5).

Dua gelas susu sapi kata ia setara dengan protein dalam dua butir telur, kalsium dalam tiga mangkok brokoli, vitamin B12 pada delapa gram daging sapi dan fospor dalam semangkuk kacang.

"Susu juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga meningkatkan glukosa darah dengan stabil setelah mengonsumsinya, karena kandungan gula alami (laktosa) dan komposisi nutrisinya sehingga susu dapat membuat merasa kenyang lebih kama dan menunda lapar," jelas Ines.

Lebih lanjut ia menjelaskan, susu juga mengandung sembilan asam amino esensial, mineral zink dan vitamin A yang berperan pada sistem kekebalan tubuh. Selain sumber protein yang baik, susu dikenal sebagai sumber kalsium yang mudah diserap. "Nutrisi-nutrisi ini penting untuk dikonsumsi semua orang di setiap tahap kehidupan," tambah Ines.

KEYWORD :

tips puasa susu sehat nutrisi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :