Sabtu, 20/04/2024 17:11 WIB

AS Awasi dan Kenakan Tarif Impor 20 Persen Produk China

Gedung Putih mengumumkan waktu untuk menerapkan tarif impor China dan membatasi investasi China di bidang teknologi

Ilustrasi bendera AS dan China (foto: google)

San Francisco – Pemerintahan Amerika Serikat akan memberlakukan secara ketat investasi China pada sektor teknologi. Era Presiden Donald Trump ini, akan menerapkan proposal untuk memberikan tarif sebesar 25 persen pada barang-barang impor dari China senilai USD50 miliar.

"Untuk melindungi keamanan nasional, Amerika Serikat akan memberikan pengetatan investasi yang spesifik dan menaikkan kontrol ekspor untuk warga China dan entitas yang berhubungan dengan kepemilikan teknologi yang penting secara industri," ungkap pernyataan Gedung Putih.

Pengumuman ini muncul tak sampai seminggu setelah Menteri Keuangan Steven Mnuchin berkata bahwa proposal semacam itu bisa memantik perang dagang dengan China dan untuk sementara harus ditangguhkan.

Kementerian Perdagangan China melalui pernyataan pada Selasa berkata mereka sangat terkejut dengan pengumuman tarif yang tiba-tiba itu.

"Tak peduli apa tindakan yang diambil AS, China memiliki kepercayaan diri, kemampuan dan pengalaman untuk melindungi kepentingan masyarakat dan negara China," ungkap pernyataan itu. "China meminta Amerika Serikat untuk bersikap seperti yang dinyatakan dalam pernyataan bersama."

Hari ketika pengumuman tarif ini dikeluarkan, meski bersaman dengan kekacauan politik di Italia, Dow Jones Industrial Average turun sekitar 392 poin, kehilangan sekitar 1,6 persen. (AA)

KEYWORD :

Produk Impor Amerika Serikat China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :