Kamis, 25/04/2024 10:38 WIB

Pria Tertua di Dunia Belum Berhenti Merokok di Usia 114 Tahun

Kendati sudah melewati satu abad, Fredie memiliki masalah dengan keseharianya, yakni sulit menghentikan kebiasaan merokok.

Manusia tertua di dunia Fredie Blom (Foto: BBC)

Cape Town, Afrika - Fredie Blom menghabiskan hampir sebagian besar hidupnya sebagai buruh du sebuah peternakan dan industri konstruksi di Afrika Selatan. Tiga tahun lagi, pria yang disapa Fredie itu akan menyandang predikat sebagai manusia tertua di dunia.

Tahun ini Fredie berusia 114 tahun. Kendati sudah melewati satu abad, Fredie memiliki masalah dengan keseharianya, yakni sulit menghentikan kebiasaan merokok.

"Setiap hari saya masih merokok dua sampai tiga batang rokok. Saya tidak menggunakan rokok biasa, saya menggulung sendiri tembakau saya," terang Fredie dilansir dari BBC.

"Dorongan merokok begitu kuat. Kadang-kadang aku berkata kepada diriku agar berhenti, tapi dadaku lagi-lagi seperti ingin berhembus, sehingga aku terpaksa merokok lagi," imbuhnya.

Sebelumnya Fredie kecanduan minum alkohol dan merokok. Namun kecanduan alkohol sudah berhasil dia tundukkan beberapa tahun lalu.

"Aku menyalahkan iblis karena dia begitu kuat," katanya.

Manusia berusia panjang atau disebut juga centenarian memang masih bugar meski usianya sudah melewati 100 tahun. Bahkan Fredie tak memiliki penyakit atau gangguan penginderaan.

Kendati usianya sudah 114 tahun, nama Fredie belum masuk dalam rekor Guinness World of Records. Gelar tersebut terakhi kali dipegang oleh Biolet Moss-Brown yang meninggal September tahun lalu di usia 117 tahun.

"Guiness World of Records masih berkonsultasi dengan ahli genealogis, untuk mengonfirmasi pemegang gelar pria dan wanita tertua di dunia," tulis BBC.

Saat ditemui di kediamannya yang sederhana di Cape Town, Fredie tampak kumal. Dia juga mengaku tak punya resep rahasia untuk berumur panjang.

"Hanya ada satu hal, Tuhan. Dia pemilik seluruh kekuatan. Saya bukan apa-apa tanpa-Nya," jawabnya.

Istri Fredie, Janetta yang berusia 29 tahun lebih muda dari Fredie mengungkapkan, sang suami tergolong jarang sakit. Terakhir kali Fredie dibawa ke rumah sakit yakni beberapa tahun lalu, saat Fredie mengeluhkan sakit pada lututnya.

 

KEYWORD :

Unik Manusia Tertua Fredie Blom Afrika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :