Jum'at, 10/04/2020 03:31 WIB

Menteri "Olimpiade" Inggris Meninggal Dunia

Perempuan berusia 70 tahun itu berjuang sembuh dari penyakitnya, setelah didiagnosis mengidap kanker otak pada Mei

Dame Tessa Jowell (Foto: Telegraph)

London - Inggris berduka. Tessa Jowell, mantan menteri pemerintah Inggris yang sukses mempersembahkan juara Olimpiade pada 2012 lalu, meninggal dunia pada Sabtu (Minggu waktu setempat), setelah mengalami pendarahan otak.

Dilansir dari Reuters, perempuan berusia 70 tahun itu berjuang sembuh dari penyakitnya, setelah didiagnosis mengidap kanker otak pada Mei tahun lalu.

Saat memimpin penghormatan terakhir untuk Jowell, Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengatakan, "Jowell memiliki semangat, tekad, dan kesopanan manusia yang sederhana dari siapapun yang pernah saya kenal."

Ucapan duka juga datang dari Perdana Menteri Inggris Theresa May. Menurutnya, Jowell merupakan sosok pemberani namun tetap humble dan menginspirasi.

Semasa hidupnya, Jowell bergabung dengan pemerintah sebagai menteri di Departemen Kesehatan, setelah Partai Buruh milik Blair memenangkan pemilu 1997 dengan skor telak.

Blair lalu menunjuknya ke kabinet pada 2001 sebagai Menteri Kebudayaan, Media, dan Olahraga. Di mana kala itu dia sukses mempersembahkan Olimpiade London kepada rakyat Inggris.

Setelah divonis kanker, Jowell banyak melakukan kampanye kepada masyarakat agar terhindarkan dari penyakit yang menyerang dirinya itu. Layanan kesehatan kanker yang dimotori Jowell, didanai oleh pemerintah Inggris.

TAGS : Tessa Jowell Inggris Olimpiade Kabar Duka




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :