Jum'at, 19/04/2024 22:48 WIB

Pemugaran Karang Terbesar di Dunia Dianggarkan Rp5,2 Triliun

Great Barrier Reef merupakan hamparan karang terbesar di dunia, dan rumah bagi populasi ubur-ubur, molusca

The Great Barrier Reef (Foto: Reuters/David Gray)

Queensland - Pemerintah Australia mengalokasikan anggaran sebesar $379 juta atau Rp5,2 triliun, untuk mendanai pemugaraan batu karang terbesar di dunia (Great Barrier Reef).

Menurut Menteri Lingkungan dan Energi Australia Josh Frydenberg, jumlah ini mewakili investasi terbesar tunggal guna konservasi dan pengelolaan karang tersebut.

Karang Penghalang Besar atau Great Barrier Reef merupakan hamparan karang terbesar di dunia, dan rumah bagi populasi ubur-ubur, molusca, ikan, hiu, pari, lumba-lumba, dan ikan paus.

Panjangnya mencapai 2.300 kilometer. Jika dibandingkan, luas Great Barrier Reef setara dengan gabungan Inggris, Swiss, dan Belanda dilansir dari Asian Correspondent.

Dalam beberapa tahun terakhir, terumbu karang di Australia mengalami ancaman serius pemutihan massal. Hal itu dipicu oleh perubahan iklim, limbah pertanian, wabah bintang laut mahkota berduri, dan predator alami.

berdasarkan keterangan pemerintah Australia, pendanaan terbaru ini akan menargetkan perbaikan kualitas air, dengan cara meningkatkan kualitas praktik pertanian, dan manajemen pupuk.

pemerintah juga akan mengatasi serangan bintang laut mahkota berduri, memantau kesehatan karang, dan melibatkan masyarakat saintis dan peneliti untuk menjaga ketahanan karang.

"The Great Barrier Reef merupakan keajaiban alam dunia, juga mendukung puluhan ribu pekerjaan melalui Queensland," kata Frydenberg.

"Ini adalah aset lingkungan, di mana semua warga Australia memiliki saham. Dan pemerintah Turnbull mengumumkan hari ini menginvestasikan 500 juta dolar Australia ($379 juta, Red)," lanjutnya.

KEYWORD :

Great Barrier Reef Karang Australia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :