Rabu, 19/09/2018 05:58 WIB

Viral, Slip Gaji Guru Honorer Hanya Rp35 Ribu

Dalam unggahan tersebut, terdapat foto slip gaji guru honorer, yang dibayar hanya Rp35 ribu

Slip gaji guru diviralkan oleh akun Lambe Turah (Foto: Instagram)

Jakarta – Media sosial Instagram pada Senin (30/4) dibuat geleng-geleng kepala oleh sebuah postingan dari akun gosip @lambe_turah. Dalam unggahan tersebut, terdapat foto slip gaji guru honorer, yang dibayar hanya Rp35 ribu.

Tidak jelas siapa pemilik slip gaji tersebut. Namun dari pantauan Jurnas.com, gaji sebesar Rp35.000 itu merupakan akumulasi dari honor pokok sejumlah Rp6.000, dan beberapa tunjangan, antara lain tunjangan transportasi Rp18.000, jabatan Rp6.000, dan wali kelas Rp5.000.

“Katanya ini slip gaji guru honorer. Bener gak sih. Kalo beneran, duuuh. Ini baru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,” tulis @lambe_turah.

Unggahan ini pun mendapat beragam tanggapan dari para netizen. Sebagian besar mengiyakan bahwa gaji guru honorer masih jauh dari kata layak.

Seperti diungkapkan oleh pemilik akun @regy_21, yang mengaku sudah mengajar selama empat tahun, namun digaji hanya sebesar Rp75 ribu per bulan.

“Bener kok min. Aku aja guru honorer udah empat tahun gajinya Rp75 ribu. Ya mau gimana lagi, tapi Alhamdulilla rezeki dari yang lain selalu ada, misalkan jualan terus ngegrab,” tuturnya. Komentar @regy_21 dibalas oleh 82 warganet lainnya.

Pengalaman serupa dialami oleh akun @anjanywd26. Mengajar di salah satu sekolah di ibu kota Jakarta, perempuan ini hanya digaji Rp600 ribu per tiga bulan sekali.

“Baru tau? Aku bergelar sama dengan postingan ini, di SMP Negeri Jakarta Timur aku hanya dibayar Rp600 ribu per tiga bulan sekali. Begitulah kami dituntut mendidik serta mencerdaskan anak bangsa, mengubah karakter mereka dengan baik, tapi gaji kami tak sebanding,” tulisnya.

TAGS : Pendidikan Viral Gaji Honorer Guru




TERPOPULER :