Kamis, 22/11/2018 00:57 WIB

Makna Keikhlasan dari Tiga Desainer Fashion Muslim Indonesia

Hampir setiap orang memiliki fase untuk menerima segala sesuatu yang terjadi dalam hidup dengan ikhlas

Ria Miranda (Foto: Instagram)

Jakarta - “Rayakan dengan Ikhlas” diusung oleh tiga desainer busana Muslim Indonesia yaitu Ria Miranda, Nabila Hatifa dan Vivi Zubedi. Tema ini diangkat sebagai bentuk ajakan untuk merayakan bulan suci Ramadan dengan menekankan esensi pentingnya keikhlasan.

Tema “Rayakan dengan Ikhlas” diangkat dalam bentuk video yang menjelaskan mengenai makna keikhlasan menurut masing-masing desainer. Ria Miranda meyampaikan arti keikhlasan dalam bekerja, Nabila Hatifa menyampaikan makna keikhlasan dalam berhijab, sedangkan Vivi Zubedi menyampaikan arti keikhlasan dalam berkarya.

Ria Miranda mengutarakan kesenangannya terhadap dunia fashion sejak kecil hingga akhirnya Ria sadar bahwa talenta yang dimilikinya dapat menjadi sebuah peluang bisnis. Namun Ria harus menunggu sekitar 4 tahun untuk mendapatkan restu dari Ayahnya agar dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah fashion.

Karier Ria sebagai seorang desainer yang sukses bukan berarti tanpa ujian, Ria menyampaikan pentingnya memiliki keikhlasan dalam bekerja walaupun terkadang Ria harus bekerja ke luar negeri dan meninggalkan anakanaknya.

“Ikhlas bagi saya adalah Keinginan untuk memberikan ketika orang-orang tidak mengetahui kebaikan apa yang kita lakukan," ujarnya.

Mirip dengan Ria Miranda, Nabila Hatifa juga sudah memiliki ketertarikan terhadap bidang fashion sejak kecil, namun pada saat itu Nabila belum memfokuskan diri membangun karier di dunia fashion.

Setelah lulus kuliah, Nabila meluncurkan label NRH bersama dengan kakaknya dan pada saat peluncuran koleksi pertama NRH, Nabila memutuskan untuk berhijab. Semenjak itu, Nabila menjadi lebih memaknai hasil karya rancangannya yang memang ditujukkan untuk wanita berhijab.

“Keikhlasan dalam berhijab membuat saya menjadi lebih produktif dalam menghasilkan karya-karya yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Makna ikhlas bagi saya adalah melakukan sesuatu dengan hati dan penuh kesungguhan," ujar Nabila.

Lain halnya dengan Vivi Zubedi yang menyukai hal-hal berbau kerajinan tangan. Vivi merubah kariernya dari seorang akuntan menjadi seorang desainer fashion yang berfokus dalam merancang abaya modifikasi.

Perjuangan dan keikhlasan penuh dibutuhkan dalam mengenalkan koleksi abaya karya Vivi Zubedi, tidak hanya di masyarakat lokal, namun juga internasional.

“Keikhlasan dan tekat yang kuat dalam berkarya menjadikan abaya modifikasi menjadi salah satu tren dalam dunia fashion. Keikhlasan bagi saya adalah tidak memaksakan kehendak dan menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah," ungkap desainer yang dikenal dengan rancangan outer abaya ini.

TAGS : desainer fashion muslim ramadan hijab




TERPOPULER :