Selasa, 01/12/2020 21:49 WIB

Indonesia Dukung Turnamen Pencak Silat Se-Amerika Serikat

Pemerintah Indonesia sedang berkampanye agar Pencak Silat dapat dipertandingkan dalam Olimpiade 2032.

Plt Asisten Deputi Industri dan Promosi Oeahraga Sandy Suwardi Hasan (dua dari kanan) saat membuka kejuaraan pencak silat di Amerika Serikat.

Jakarta, Jurnas.com – Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap upaya Federasi Pencak Silat Amerika Serikat menggelar kejuaraan silat di Virginia pada 12-14 Juli. Beberapa negara bagian Negeri Paman Sam ambil bagian dalam kejuaraan tersebut.

Negara bagian itu antara lain New York, California, Colorado, Minnesota, Illinois, dan Virginia.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Jacob Richter selaku Presiden Pencak Silat Federation USA yang didampingi Beny Gautama selaku Ketua Harian Persatuan Silat Antarbangsa.

Benny G. Sumarsono menyampaikan terselenggaranya kegiatan ini sebagai pertanda pencak silat sudah diterima oleh masyarakat dunia dan berharap semakin banyak event dibeberapa negara.

"Dan segera nanti akan dievaluasi pelaksanaan kegiatan ini dan jika hasilnya memuaskan maka tidak menutup kemungkinan world championship akan digelar di Amerika Serikat," kata Benny.

Sementara itu, untuk menandai secara simbolis acara ini dilakukan pemukulan gong oleh Plt Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Sandy Suwardi Hasan.

Yang unik dari seremonial ini ialah diiringinya pembukaan dengan permainan gamelan oleh warga Amerika Serikat yang sudah lama berlatih gamelan.

“Pemerintah Indonesia sedang berkampanye menuju Olimpiade 2032 dimana kita berharap pencak silat dapat dipertandingkan dan hal ini membutuhkan partisipasi dari semua pihak. Menpora berharap pencak silat dapat dicintai masyarakat dunia. Masih terdapat 20 negara lagi yang harus berdiri federasi dan diakui oleh NOC agar Pencak Silat dapat dipertandingkan di Olimpiade,” terang Sandi.

Di sisi lain, melihat pembukaan yang spektakuker, Sandi yang mewakili pemerintah Indonesia mengaku bangga dan respek kepada Jacob Richter selaku Presiden Pencak Silat Amerika Serikat.

"Kami berharap pencak silat akan tumbuh sebagai industri olahraga di dunia," tegasnya.

TAGS : Kemenpora pencak silat Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :