Kamis, 24/05/2018 17:08 WIB

Ubah Malaysia Jadi Negara Islam, PAS Cuma Butuh 40 Kursi

Hasil pemilihan umum (Pemilu) bulan depan di Malaysia akan menjadi masa depan Negeri Jiran

Malaysia (Foto: Halallocal)

Kota Bharu - Hasil pemilihan umum (Pemilu) bulan depan di Malaysia akan menjadi masa depan Negeri Jiran selama beberapa tahun mendatang.

Adalah Parti Islam se-Malaysia alias PAS telah berjuang selama beberapa dekade untuk mengubah negara itu menjadi negara Islam, dan memaksakan hukuman lebih keras pada Muslim untuk perzinahan, pencurian dan minum alkohol .

PAS hanya butuh 40 kursi dari total 222 kursi parlemen. Jumlah itu dianggap cukup untuk menempatkannya di posisi kingmaker.

Dilansir dari Reuters, dengan keseimbangan kekuasaan, PAS diprediksi akan mampu membuat tuntutan kebijakan sebagai harga untuk mendukung Perdana Menteri Najib Razak, atau aliansi oposisi yang berusaha menggulingkannya.

Bahkan jika tak mencapai target, PAS masih mungkin memainkan peran yang menentukan dengan membagi suara oposisi, sehingga memberikan keuntungan besar kepada koalisi Najib Barisan Nasional (BN).

Menurut pandangan beberapa analis politik, bila PAS memegang kendali atas pemerintah berikutnya, hal itu bisa memicu perpecahan di Malaysia yang multi-etnis dan mayoritas Muslim.

Pemerintah bisa mendapat tekanan untuk semakin memperjuangkan kebijakan afirmatif yang mendukung etnis Melayu dalam bisnis, pendidikan dan perumahan, dan memperkuat pengadilan Islam.

Muslim, yang mayoritas adalah etnis Melayu, merupakan 60 persen dari populasi Malaysia yang berjumlah 32 juta. Sisanya diisi oleh etnis China dan India, yang beragama Budha, Kristen atau Hindu.

Ketua Umum PAS Abdul Hadi Awang mengatakan, jika dia memegang keseimbangan kekuasaan setelah pemilihan, dia akan mendesak pemerintah menjadikan Islam sebagai pusat dari kebijakannya.

"Kami ingin memperkenalkan Islam sebagai agenda politik, ekonomi dan sosial," kata Hadi kepada Reuters di markas PAS di Kuala Lumpur, Malaysia.

Hadi merasa optimistis memenangkan 40 kursi dan mungkin bahkan lebih. Beberapa pihak di luar PAS juga yakin partai ini akan muncul dari pemilihan 9 Mei dengan kekuatan yang patut diperhitungkan.

Bahkan jika konservatisme Islam yang didukungnya telah menjadi lebih banyak diikuti di Malaysia sejak pemilu 2013, ketika memenangkan 21 kursi.

TAGS : Malaysia Negara Islam




TERPOPULER :