Sabtu, 20/04/2024 16:02 WIB

8 Cara Redakan Batuk yang Wajib Anda Ketahui

Batuk kering ataupun batuk berdahak sangatlah mengganggu dan menyebabkan kualitas hidup menurun.

Ilustrasi batuk.(Foto : google)

Jakarta - Semua orang mungkin pernah mengalami batuk ringan. Hal ini disebabkan masuknya benda asing ke tenggorok. Jika dibiarkan, bakteri yang masuk melalui saluran nafas bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Batuk biasanya disertai pilek, asma, diare, infeksi di saluran pernapasan.

Batuk kering ataupun batuk berdahak sangatlah mengganggu dan menyebabkan kualitas hidup menurun. Untuk itu, berikut solusi meredakan batuk yang sebaiknya Anda lakukan.

1. Minum Air Putih yang Cukup
Minumlah air setiap hari setidaknya delapan gelas. Air putih dapat meredakan batuk berdahak. Air berguna melarutkan dahak sehingga tidak menyumbat tenggorokan dan saluran nafas. Selain itu, air akan membantu melembabkan leher sehingga tidak iritasi.

Jika air putih biasa belum cukup meredakan batuk Anda, cobalah minum air hangat bukan air dingin. Karena air hangat akan melarutkan lendir. Dan melembapkan leher lebih baik daripada air dingin. Anda juga bisa minum air hanga yang dicampur dengan madu lemon.

2. Mandi air hangat
Mandi air hangat akan membantu mengurangi penyumbatan di hidung. Ini baik untuk tubuh yang dingin dan alergi kulit. Namun, jangan terlalu lama mandi cukup 30 menit. Karena jika terlalu lama mandi kulit Anda bisa kering.

3. Obat batuk
Jangan berpikir bahwa batuk akan hilang dengan mudah. Jika batuk Anda sangat parah membuat Anda sulit beraktivitas. Sebaiknya minum obat pereda batuk yang dijual bebas untuk membantu mengurangi iritasi di tenggorokan.

4. Gunakan humidifier di udara
Udara malam mungkin kering sehingga memicu batuk memburuk dari sebelumnya. Meskipun cuaca di rumah Anda sudah cukup panas, tetapi untuk pasien dengan iritasi tenggorokan, udara dingin akan menyebabkan batuk menjadi lebih berat. Dan hidung pun akan tersumbat. Jadi jika Anda menggunakan humidifier di kamar tidur. Ini akan membantu meringankan iritasi tenggorokan. Humidifier dapat meningkatkan kelembaban di ruangan.

5. Bebas rokok
Siapa pun yang merokok harus berhenti merokok saat batuk. Karena merokok akan lebih mengiritasi tenggorokan. Dan dapat memicu lebih banyak dahak. Dokter manapun tidak akan merekomendasikan kepada Anda untuk merokok karena merokok adalah penyebab pneumonia bronkus. Dan banyak penyakit berbahaya lainnya. Jika Anda perokok pasif maka hal terbaik yang mesti dilakukan adalah jauhi orang yang merokok.

6. Jangan gunakan semprotan parfum
Bahan parfum dan semprot termasuk semprotan aerosol dapat mengiritasi hidung. Dan dapat menyebabkan lebih banyak sputum atau batuk kronis. Jadi selama batuk, simpanlah parfum dan semacamnya, gunakan setelah batuk Anda sembuh.

7. Hindari debu dan asap
Selain parfum dan semprotan pengambilan sampel udara kering dari AC di kantor, asap dari knalpot mobil, asap dapur merupakan polutan yang dapat memperparah batuk. Polutan udara ini dapat menyebabkan iritasi di rongga hidung dan tenggorokan. Gunakan masker kesehatan untuk melindungi diri dari polusi udara.
 
8. Tidur lebih banyak
Sebagian besar batuk lebih buruk atau lebih lambat karena tubuh tidak punya waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri. Karena kita kita sulit beristirahat. Jika Anda tahu batuk itu sangat berat, sebaiknya tidur lebih awal, tetapi pastikan udaranya tidak terlalu dingin.

KEYWORD :

Batuk tips kesehatan dahak air putih




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :