Jum'at, 20/07/2018 09:43 WIB

Demo Massal di India Mengecam Pemerkosaan Sadis

Ribuan penduduk ikut serta dalam demonstrasi di New Delhi, Mumbai, Chandigarh, Bengaluru, Goa, Thiruvananthapuram, dan beberapa kota lain

Aksi Protes pemerkosaan dan pembunuhan di India

New Delhi - Ribuan Demonstrasi digelar di seluruh India untuk memprotes insiden pemerkosaan dan pembunuhan seorang gadis berusia 8 tahun di Jammu Kashmir serta pencabulan terhadap seorang remaja di Uttar Pradesh.

Unjuk rasa itu dilangsungkan di New Delhi, Mumbai, Chandigarh, Bengaluru, Bhopal, Indore, Ajmer, Surat, Goa, Thiruvananthapuram, dan beberapa kota lain. Aksi membawa spanduk bertuliskan kecaman terhadap pemerintah dan menuntut keadilan bagi para korban.

Di Kathua, Jammu Kashmir, seorang gadis kecil dari suku nomaden Bhakerwal diculik pada Januari lalu. Menurut laporan polisi, perempuan itu diperkosa massal dalam tiga kesempatan di dalam sebuah kuil di Hiranagar.

Perempuan itu dibius, dipaksa kelaparan, dan diperkosa oleh sejumlah pria, termasuk polisi. Sepekan kemudian, tubuhnya yang sudah tak bernyawa ditemukan di Kathua.

Kasus itu memantik kemarahan di seluruh India. Dua pejabat dari partai penguasa Bharatiya Janata Party (BJP), yang sempat membela para tersangka, dituntut turun oleh publik.

Perdana Menteri Narendra Modi menegaskan, mengutuk insiden itu. “Saya ingin meyakinkan bangsa bahwa tidak ada penjahat yang akan diselamatkan. Keadilan akan dilakukan. Putri kami akan mendapatkan keadilan," katanya di sebuah acara di New Delhi.

Penyanyi dan musisi Vishal Dadlani juga tampak di antara demonstran. "Jangan sampai tertipu sentimen agama Hindu-Muslim. Itu adalah warisan penjajah Inggris," kata Dadlani, seperti dirilis media lokal NDTV.

Di kota Bhopal, warga menggelar protes aksi bungkam. "Kami melakukan ini agar pemerintah sadar mengenai apa yang sedang terjadi," kata Ashmita Singh, seorang mahasiswi.

"Saya ingin berunjuk rasa terhadap politisi India yang tidak tahu malu, yang menggunakan insiden ini untuk kepentingan politik sendiri," tambahnya.

TAGS : Demo Massal Kasus Pemerkosaan India




TERPOPULER :