Sabtu, 17/11/2018 16:43 WIB

Qatar Kucurkan $20 Juta untuk Yaman

PBB menyerukan kepada dunia internasional supaya mendanai paket bantuan senilai $3 miliar untuk Yaman.

Anak Yaman yang menderita kelaparan (foto: Instagram)

Doha - Dana Pembangunan Qatar (QFFD) berjanji mendukung Rencana Bantuan Kemanusiaan Yaman yang diinisiasi oleh PBB. Jumlah bantuan yang akan dikucurkan sebesar $20 juta atau Rp271 miliar.

Pada pertemuan yang digelar pekan ini oleh Sekretaris PBB Antnio Guterres, PBB menyerukan kepada dunia internasional supaya mendanai paket bantuan senilai $3 miliar untuk Yaman.

Dilansir dari Memo, dana tersebut akan dialokasikan untuk mendukung Yaman di beberapa sektor dasar, di antaranya kesehatan, air, ketahanan pangan, dan perlindungan.

Awal pekan lalu Inggris mengumumkan akan menyumbang $239 juta untuk paket bantuan. Guterres masih terus mendesak berbagai negara untuk bekerja sama dalam menyelesaikan konflik di Yaman.

Diketahui, perang sipil di Yaman meletus pada 2014 lalu, ketika kelompok Houthi dituding ingin melakukan pemberontakan. Saat itu, presiden yang diakui secara internasional, Abd Rabbuh Mansur Hadi meminta koalisi negara Arab pimpinan Arab Saudi, meluncurkan kampanye perang udara untuk menetralkan ancaman.

Koalisi pemerintah plus Saudi memulai operasi pada Maret 2015. Dan sejak saat itu, lebihd ari 10.000 warga Yaman tewas akibat perang.

TAGS : Yaman Qatar PBB Perang Sipil




TERPOPULER :