Minggu, 17/11/2019 19:26 WIB

Kim Jong Un Tegaskan Korut akan Berpartisipasi Olimpiade di Tokyo

Kim Jong Un dikabarkan bertemu dengan presiden IOC, Thomas Bach di Pyongyang untuk membicarakan partisipasi negara terisolasi tersebut dalam olimpiade yang akan digelar mendatang

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un (Foto: Getty Images/AFP)

Pyongyang - Pyongyang berkomitmen untuk mengirim atlet nasional ke Olimpiade Tokyo pada 2020 dan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Begitu kata Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un para pertemuan dengan Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Kim Jong Un dikabarkan bertemu dengan presiden IOC, Thomas Bach di Pyongyang untuk membicarakan partisipasi negara terisolasi tersebut dalam olimpiade yang akan digelar mendatang.

Menurut AFP, Thomas Bach mengatakan di bandara Beijing sekembalinya bahwa kunjungannya hanya ingin memastikan kerjasama IOC serta kesiapan Korea Utara berpartisipasi di Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 dan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

"Mereka mengumumkan kepada kami bahwa mereka pasti akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020 juga di Olimpiade Musim Dingin Olimpiade Beijing 2022," kata Thomas Bach kepada AFP.

Kim Jong Un dilaporkan berterima kasih kepada Tomas Bach karena telah menempuh jarak ekstra untuk mengundang atlet Korea Utara menghadiri Olimpiade Musim Dingin Februari ini di Korea Selatan.

Pertemuan itu dilaporkan digambarkan dilakukan dalam suasana hangat dan ramah. Partisipasi negara dalam permainan Pyeongchang menyebabkan ledakan diplomasi yang menyebabkan undangan Kim untuk bertemu dengan presiden Korea Selatan dan Amerika Serikat musim semi ini.

Menurut Reuters, Thomas Bach mengatakan bahwa IOC akan membuat proposal untuk potensi pawai bersama atau potensi kegiatan bersama lainnya untuk Tokyo dan kemudian mungkin juga untuk Beijing pada waktu yang tepat.

TAGS : Tokyo Korea Utara Jepang




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :