Minggu, 18/04/2021 19:29 WIB

Jangan-jangan di Atas Setnov Ada Penggerak Proyek e-KTP

Keinginan Setya Novanto mendapat status justice collaborator (JC) menunjukkan jika yang bersangkutan bukan sebagai pelaku utama korupsi e-KTP.

E-KTP

Jakarta - Keinginan Setya Novanto mendapat status justice collaborator (JC) menunjukkan jika yang bersangkutan bukan sebagai pelaku utama korupsi proyek pengadan e-KTP. Karena itu, Novanto harus membongkar dalang dari korupsi yang merugikan negara hingga tiliunan rupiah tersebut.

"Dengan pengajuan dia sebagai JC, dia ingin mendeklarasikan bukan pelaku utama. Jangan-jangan di atas Setya Novanto ada penggerak dari proyek e-KTP ini," ujar Koordinator Divisi Monitoring dan Peradilan Indonesian Corruption Watch Emerson Yuntho, dalam diskusi, di Jakarta, Sabtu (24/3/2018).

Dikatakan Emerson, tak mengenal partai pendukung pemerintah atau bukan dalam kasus korupsi. Sehingga, siapapun dapat ikut kecipratan fulus dari proyek senilai Rp 5,9 triliun itu.

Sebab itu, Novanto tak bertele-tele untuk membongkar orang-orang yang menerima uang dalam kasus ini. Termasuk, sosok sentral yang mengatur megaproyek tersebut.

"Kalau dalang itu yang ditunggu, Setya Novanto. Ya Setya Novanto jujur lah, siapa (dalangnya). Apakah dari pihak eksekutif kah, apa dari parpol kah," ujar Emerson.

Hal tak jauh berbeda juga disampaikan Ketua Bidang Hukum DPP Gerindra Habiburokhman. Dia juga meminta Novanto membuka seluas-luasnya kasus ini. 

"Siapa yang mengorkestrasi, itu bisa terungkap kalau Pak Setya Novanto mau kooperatif setelah menerima JC beliau," tegas Habiburokhman.

TAGS : ICW Korupsi E-KTP Setya Novanto




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :