Senin, 22/07/2019 16:33 WIB

Kebijakan Macron Kurangi Pekerja Disambut Ratusan Ribu Demonstran

protes terjadi di lebih dari 150 kota termasuk Paris, tempat kerumunan sekitar 200.000 orang

PNS berdemo (upi.com)

Jakarta - Pegawai negeri di seluruh wilayah Prancis melakukan aksi mogok kerja, demi memprotes rencana pemerintah untuk memangkas ribuan pekerjaan selama empat tahun ke depan.

Dilansir UPI, protes terjadi di lebih dari 150 kota termasuk Paris, tempat kerumunan sekitar 200.000 orang, dan kota barat Nantes, tempat para demonstran bentrok dengan polisi dan setidaknya satu mobil dibakar.

Pekerja sektor publik, termasuk guru, perawat, pekerja kereta api dan pengendali lalu lintas udara, berdemonstrasi menentang proposal Presiden Emmanuel Macron yang dapat mengarah pada pengurangan 120.000 pekerjaan pada tahun 2022. Juga mempengaruhi 5,4 juta pekerja di sektor publik.

Macron telah menyarankan penerapan jasa gaji berdasarkan dan mengakhiri pensiun dini dan kenaikan gaji tahunan otomatis. Diperkirakan 10 persen pekerja sektor publik mengambil bagian dalam protes yang sebagian besar bersifat damai.

Namun hal itu ternyata tak disetujui oleh mayoritas pekerja, yang terancam kehilangan pekerjaannya akibat kebijakan tersebut

TAGS : Macron Prancis Demonstran




TERPOPULER :