Jum'at, 20/07/2018 10:01 WIB

Sertifikat "Pengibulan" Jokowi, Ungkapan Cinta Amien Rais

Kritik yang dilayangkan Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais terkait bagi-bagi sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi dinilai sebagai bentuk kecintaan dam kerinduan.

Hanafi Rais/antara

Jakarta - Kritik yang dilayangkan Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais terkait bagi-bagi sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi dinilai sebagai bentuk kecintaan dam kerinduan.

Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais mengatakan, Amien memiliki kerinduan terhadap rasa keadilan di tanah air. Menurutnya, pembagian sertifikat tanah tersebut sebagai upaya menutupi keburukan.

"Itu ungkapan rasa cinta Pak Amien yang rindu dengan keadilan di negeri ini," kata Hanafi, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/3).

Hal itu menanggapi kritikan yang dilayangkan Amien Rais yang menyebut pembagian sertifikat tanah sebagai bentuk "pengibulan". Pengibulan yang dimaksud Amien adalah `gimmick` dari Jokowi yang seolah mengaburkan bahwa 74 persen lahan di Indonesia dikuasai pengusaha besar.

Oleh karena itu, kata Hanafi, program agraria itu seharusnya tak berhenti pada gimmick politik belaka. Membagi sertifikat tanah untuk rakyat kecil jangan cuma jadi gimmick," tegasnya.

Kata Hanafi, jangan sampai pembagian sertifikat tanah kepada rakyat hanya untuk menutupi mayoritah lahan di tanah air yang dikuasi oleh para konglomerat.

"Tapi ketika menyangkut pengembang, menyangkut konglomerat-konglomerat besar yang punya tanah seperti reklamasi di DKI itu dibiarkan saja tidak diperjelas hukumnya," kata Hanafi.

Dimana, lanjut Hanafi, soal data 74 persen lahan dikuasai oleh pengusaha besar berdasarkan laporan yang sudah banyak beredar. "Ketimpangan ekonomi di mana tanah lebih banyak dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar. Itu sebagian besar selama ini tidak berani disentuh pemerintah," tegasnya.

Sebelumnya, Amien mengkritik Presiden Jokowi dengan menyebut program bagi-bagi sertifikat yang dilakukan Jokowi merupakan suatu pembohongan.

"Ini pengibulan, waspada bagi-bagi sertifikat, bagi tanah sekian hektare, tetapi ketika 74 persen negeri ini dimiliki kelompok tertentu seolah dibiarkan. Ini apa-apaan?" kata Amien, di Bandung, Minggu (18/3).

TAGS : Presiden Jokowi Amien Rais PAN Sertifikat Tanah




TERPOPULER :