Selasa, 02/03/2021 03:25 WIB

Perusahaan Radio Terbesar di AS Bangkrut

iHeartMedia mencapai kesepakatan dengan pemegang saham untuk memotong hutang sebesar USD 10 miliar

Perusahaan radio terbesar di Amerika Serikat, iHeartMedia

San Fransisco – Perusahaan radio terbesar di Amerika Serikat, iHeartMedia mengajukan dokumen kepailitan. Saluran radio itu memiliki hutang sekitar USD 20 miliar, namun setelah mencapai kesepakatan dengan pemegang saham, hutang itu akan dikurangi sebesar USD 10 miliar.

Radio iHeartRadio memiliki 850 stasiun tersebar di segala penjuru negara. Mereka mengatakan akan terus mengoperasikan kantor sehari-hari, stasiun dibawah kepemilikan mereka dan layanan aplikasi ponsel.

"iHeartMedia sukses membangun bisnis yang bisa memberikan keuntungan selama ini," kata eksekutif iHeartRadio Bob Pittman melalui sebuah pernyataan.

"Kami berhasil membawa bisnis siaran radio tradisional ke abad 21 dengan sistem multi-platform, didukung oleh data dan berfokus pada media digital. Produk dan layanan kami tersedia di lebih dari 200 platform dan mencapai 129 juta orang secara digital," ujarnya lagi.

Perusahaan itu dibentuk pada 1972 dengan nama Clear Channel Communications, sebelum kemudian menjadi iHeartMedia sekitar 10 tahun lalu. Pada saat itu, perusahaan tersebut dibeli dalam proses leveraged buyout, di mana pembeli meminjam uang dari bank untuk membeli perusahaan lain, seharga USD 26,7 miliar.

Kesepakatan itu terjadi tepat sebelum krisis keuangan 2008 menghancurkan ekonomi global dan sejak itu, iHeartMedia kesulitan memenuhi kewajiban hutang. "Kesepakatan yang kami umumkan hari ini adalah pencapaian yang signifikan, karena membolehkan kami berupaya membayar hutang yang membebani kami," lanjut Pittman.

Saham iHeartMedia naik sebesar 8,33 persen setelah pengumuman pada Kamis itu dan mencapai titik US 52 cent pada penghujung hari. Saham perusahaan itu belum melebihi satu dolar sejak November 2017, setelah nilainya tergerus 75 persen pada 2015 lalu dan belum pulih bahkan setelah tiga tahun. (AA)

TAGS : iHeartRadio Media Radio Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :