Sabtu, 22/09/2018 05:27 WIB

Menimbang Peluang Demokrat Bersama Jokowi dan Prabowo

Dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat belum memutuskan koalisi dalam menghadapi Pilpres 2019 mendatang. Bagaimana peluang Demokrat berkoalisi dengan Jokowi dan Prabowo Subianto?

Partai Demokrat

Jakarta - Dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat belum memutuskan koalisi dalam menghadapi Pilpres 2019 mendatang. Bagaimana peluang Demokrat berkoalisi dengan Jokowi dan Prabowo Subianto?

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, peluang Demokrat untuk berkoalisi dengan Jokowi sangat berat. Hal itu mengingat, hubungan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi salah satu penghambat.

"Sangat tipis peluang atau kans AHY digandeng Jokowi. Veto player ada di tangan Megawati. Sementara kita paham hubungan SBY dan Megawati," kata Pangi, ketika dihubungi, Jakarta, Senin (12/3).

Lalu bagaimana jika Demokrat koalisi dengan Prabowo Subianto? Pangi menjawab, Demokrat juga diperkirakan sulit berkoalisi dengan partai pendukung Prabowo. Sebab, partai berlambang segitiga mercy itu tidak memiliki rekam jejak koalisi dengan Gerindra.

Atas dasar itu, Pangi memprediksi, partai besutan SBY itu lebih baik membentuk poros baru untuk mengbhadapi Pilpres nanti. Menurutnya, poros baru akan memiliki peluang yang lebih besar.

"Bagusnya Demokrat tidak ke Jokowi dan tidak ke poros Prabowo. Sebaiknya membuat poros sendiri bersama PAN dan PKB," kata Pangi.

Kata Pangi, dengan pembentukan poros baru tersebut, tinggal menentukan Capres dan Cawapres yang memiliki peluang menang untuk bertarung melawan poros Jokowi dan Prabowo.

"Tinggal digodok dalam poros alternatif tersebut siapa capres dan cawapresnya," tegasnya.

Diketahui, hingga saat ini baru lima parpol yang baru mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Jokowi di Pilpres 2019, yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, dan Partai Hanura.

Sementara lima partai lainnya belum menentukan Capres yang akan diusung. Adalah, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

TAGS : Pilpres 2019 Partai Demokrat Capres dan Cawapres




TERPOPULER :