Rabu, 12/12/2018 11:47 WIB

Prabowo, Capres atau King Maker?

Meski sudah dipastikan bisa maju sebagai Capres pada Pilpres 2019, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto belum mendeklarasikan diri. Lalu apakah Prabowo maju sebagai Capres atau king maker?

Prabowo Subianto (JN)

Jakarta - Meski sudah dipastikan bisa maju sebagai calon presiden (Capres) pada Pilpres 2019, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto belum mendeklarasikan diri. Lalu apakah Prabowo maju sebagai Capres atau king maker?

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan, hingga saat ini PKS dan Gerindra masih menunggu keputusan dari Prabowo. Menurutnya, meski Gerindra dan PKS mendukung Prabowo untuk maju, keputusan tetap ditangan mantan Danjen Kopassus tersebut.

"Gerindra memutuskan akan mencalonkan Pak Prabowo, tapi Pak Prabowo kan belum memberikan jawaban apakah beliau berkenan untuk dicalonkan lagi atau justru menjadi king maker menampilkan nama yang baru kita belum mendengar artinya belum ada keputusan dan kemudian dipublish tentang hal ini, kita tentu menunggu," kata HNW.

HNW menegaskan, soal pasangan Capres dan Cawapres belum ada pembahasan secara khusus. Yang pasti, menurutnya, PKS akan menunggu keputusan dari Gerindra.

"Tapi kata kuncinya sesungguhnya sebelum Pilpres kita selesaikan pilkada-pilkada dulu. Lari ke Pilpres padahal Pilkada belum terlaksana," tegasnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra memastikan dalam waktu dekat ini akan mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai Capres pada Pilpres 2019 mendatang.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, partainya berharap dalam kontestasi Pilpres 2019 nanti tidak terjadi calon tunggal. Sebab, sistem demokrasi yang sudah terjaga dengan baik selama ini harus dijaga.

"Karena itu kita ingin segenap kader Gerindra berkali-kali saya sudah sampaikan minta agar Pak Prabowo jadi calon presiden dan yang kita sampaikan hanya nama Pak Prabowo tidak ada calon lain," kata Muzani, ddisela-sela acara Bazaar dalam HUT Partai Gerindra ke-10, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/3).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, deklarasi pencapresan Prabowo akan dilakukan pada akhir Maret ini. "Akhir Maret kita deklarasi capres dari Gerindra," terang Sufmi.

TAGS : Pilpres 2019 Prabowo Subianto Partai Gerindra




TERPOPULER :