Rabu, 12/12/2018 11:47 WIB

Terkena Skandal Pelecehan Seksual, Politisi Korsel Mengundurkan Diri

Departemen kepolisian provinsi Chungnam mengatakan telah melakukan penyelidikan menyusul tuduhan tersebut.

An Hee Jung (foto: Google)

Jakarta - Gubernur Chungcheongnam provinsi Korea Selatan, An Hee Jung mengumumkan pengunduran dirinya pada Selasa (05/03), beberapa jam setelah seorang ajudan menuduhnya melakukan pelecehan seksual, saat gerakan #MeToo mengguncang para politikus negara tersebut.

Wanita tersebut menuduh An Hee-jung, seorang kandidat terkemuka dalam pemilihan presiden tahun lalu dan anggota Partai Demokrat Presiden Moon Jae-in, dalam sebuah wawancara televisi pada Senin malam. Polisi mengatakan sedang menyelidiki tuduhan tersebut.

Pihak An awalnya mengklaim bahwa seks itu bersifat konsensual. Namun, hanya beberapa jam setelah wawancara disiarkan, An membawa ke Facebook untuk mengatakan pernyataan stafnya keliru dan mengumumkan bahwa dia berencana untuk mengundurkan diri dan pensiun dari kehidupan politik.

"Uraian kantor saya tentang hubungan itu tidak benar," tulisnya. "Semuanya salahku."

Departemen kepolisian provinsi Chungnam mengatakan telah melakukan penyelidikan menyusul tuduhan tersebut.

Kasus pelecehan seksual telah lama menjadi hal yang tabu di Korea Selatan, namun dalam beberapa bulan terakhir, namun gerakan anti-seksual #MeToo telah menjerat sejumlah tokoh orang-orang terkemuka di berbagai bidang, dari industri hiburan hingga komunitas religius hingga dunia sastra.

Berbicara kepada penyiar JTBC, ajudan An, Kim Ji-eun, mengatakan bahwa An telah berulang kali melakukan pelecehan seksual kepadanya.

"Selama delapan bulan terakhir saya telah diserang secara seksual empat kali," katanya kepada penyiar JTBC.

"Baru-baru ini saya berbicara tentang semakin berkembangnya gerakan #MeToo dan tampaknya saya terlihat gugup, maka dia mengatakan bahwa dia menyesal," kata Kim.

Mengetahui hal tersebut, Partai Demokrat yang berkuasa memecat An sebagai anggota partai. Kepala partai Choo Mi-ae mengatakan bahwa tindakan yang dituduhkan tersebut "seharusnya tidak pernah terjadi."

Seorang pemuda berusia 52 tahun yang tampak muda, An menjadi penantang tak terduga bagi Moon selama pemilihan presiden tahun lalu.

TAGS : Pelecehan Seksual Korsel Politikus




TERPOPULER :