Jum'at, 15/11/2019 14:26 WIB

Negara Pemegang Bebas Visa Terbanyak Ternyata dari Asia

Kedua negara tersebut mengalahkan jajaran negara-negara Eropa.

Ilustrasi Singapura (foto: Unsplash)

Jakarta - Dua negara Asia, Singapura dan Jepang menjadi negara pemegang bebas visa terbanyak di dunia. Kedua negara tersebut mengalahkan jajaran negara-negara Eropa.

Seperti terpampang di Henley Passport Index 2018 yang dirilis Rabu, 28 Februari 2018 kemarin, Singapura dan Jepang sama-sama menduduki peringkat pertama, dengan jumlah bebas visa ke 180 negara.

Sementara peringkat selanjutnya diisi oleh Jerman yang bebas pergi ke 179 negara, Finlandia 178 negara, Italia 178 negara, Spanyol 178 negara, dan Norwegia 178 negara.

Selain Jepang dan Singapura, dua negara Asia Pasifik lainnya juga masuk dalam peringkat besar negara pemegang visa terbanyak. Yaitu Korea Selatan dan Australia.

"Secara umum wilayah Asia dan Timur Tengah dalam beberapa bulan terakhir menunjukkan tingginya aktivitas kebijakan bebas visa, dibandingkan negara-negara Eropa dan Amerika," kata Henley & Partners dalam pernyataan dilansir dari Asian Correspondent.

Lalu di mana posisi Indonesia?

Indonesia ternyata masih kalah dari negara tetangga Malaysia dan Thailand. Malaysia menduduki peringkat ke-11, karena bebas visa ke 169 negara. Sedangkan Indonesia bercokol cukup jauh di peringkat ke-69 dengan jumlah 70 negara. Indonesia berada di bawah Thailand yang menempati posisi ke-65 dengan jumlah 75 negara.

Hal yang mengejutkan ialah, negara konglomerat sekelas Arab Saudi ternyata tak masuk dalam deretan negara penerima bebas visa terbanyak di dunia. Bahkan peringkat Saudi berada satu peringkat di bawah Indonesia, dengan jumlah bebas visa ke 69 negara, sejajar dengan Malawi, dan sedikit lebih baik dari Gambia, Tanzania, dan Tunisia.

TAGS : Visa Travelling Wisata Paspor




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :