Sabtu, 17/11/2018 16:24 WIB

Budha Tzu Chi dan Aksira "Sowan" ke Ulama Besar Aceh

Mujianto menegaskan bawah ulama memegang peranan penting dan strategis di tengah masyarakat.

Kunjungan Budha Tzu Chi ke Abi Lampisang

Aceh – Ketua Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, Mujianto bersama Dewan Pengurus Daerah Aksi Kesetiakawanan Sosial Indonesia Raya (Aksira), sowan ke rumah ulama besar Aceh, Teungku Ahmad Tajuddian, atau kerap dikenal dengan nama Abi Lampisang.

Di sela-sela silaturrahmi, Mujianto menegaskan bawah ulama memegang peranan penting dan strategis di tengah masyarakat. Ulama juga berperan menguatkan sendi-sendi etika, moral dan spiritual kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Oleh karena itu, keberadaan ulama sangat penting untuk mencerahkan, mencerdaskan, dan membimbing umat. Jadi, peran dan kedudukan ulama sebagai perekat antara pemerintah dan masyarakat sangatlah penting,” kata Mujianto pada Jumat (16/2) kemarin.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Aksira Sumatera Utara, Burhanuddin. Baginya, jika dilihat dari sejarah perjalanan panjang Aceh hingga sekarang, sangat jelas terlihat bahwa ulama berperan sentral dalam memengaruhi berbagai kegiatan di tengah masyarakat.

“Terutama dalam memastikan program di pemerintahan berjalan dengan baik sesuai dengan syariat Islam,” ujarnya.

Sementara itu, Abi Lampisang menyebut kunjungan ini diharapkan dapat menciptakan suasana yang aman dan damai di Aceh. Apalagi, kata Abi, tahun ini Indonesia memasuki tahun politik, dan beberapa wilayah Aceh juga akan melakukan pemilihan kepala daerah.

“Tokoh-tokoh pemuda dan ulama bergandengan tangan, guna terciptanya kehidupan yang nyaman dan tenteram bagi masyarakat Aceh,” tutur Abi.

“Peran Ulama di Aceh tidak hanya pemimpin dalam hal keagamaan saja, namun juga pemimpin dalam kegiatan sosial,” tandasnya.

Yayasan Budha Tzu Chi merupakan organisasi global yang bertujuan memberikan pelayanan dan bakti sosial bagi masyarakat Indonesia. Berbagai bakti sosial sudah dilakukan termasuk membantu rehabilitasi Aceh pasca tsunami yang melanda beberapa tahun lalu.

TAGS : Budha Tzu Chi Toleransi Abi Lampisang Ulama




TERPOPULER :