Selasa, 14/08/2018 15:23 WIB

Besok Gubernur Zumi Zola "Mungkin" Ditahan

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengisyaratkan soal penahanan terhadap Zumi Zola.

Gubernur Jambi, Zumi Zola usai menjalani pemeriksaan KPK (Foto: Rangga Tranggana/jurnas.com)

Jakarta - Penyidik KPK telah mengagendakan pemeriksaan terhadap Gubernur Jambi Zumi Zola  dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi pada Kamis (15/2/2018) besok.

"Rencana pemeriksaan besok," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah lewat pesan singkat, Rabu (14/2/2018).

Terkait pemanggilan itu, lembaga antikorupsi telah melayangkan surat pemanggilan. KPK berharap Zumi koperatif dengan memenuhi panggilan tersebut. "Surat panggilan terhadap ZZ telah dikirimkan di awal minggu ini," terang Febri.

Meski demikian, Febri enggan berspekulasi apakah Zumi akan langsung dijebloskan ke Bui usai menjalani pemeriksaan. Febri beralasan soal penahanan itu merupakan kewenangan penyidik dan sesuai kebutuhan penyidikan.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengisyaratkan soal penahanan terhadap Zumi Zola. "Biasa KPK akan segera mungkin setelah dipanggil kemudian diperiksa sebagai tersangka, diperiksa kemudian akan ditahan," kata Basaria beberapa waktu lalu.

Zumi melalui kuasa hukumnya Muhammad Farizi sebelumnya menyatakan akan mengikuti proses hukum yang tengah dilakukan KPK. Termasuk jika harus ditahan usia menjalani pemeriksaan.

"Kalau memang harus ditahan, bukan menantang, tapi yang namanya hukum, selaku warga negara dia harus siap," ucap Farizi beberapa waktu lalu.

Zumi ditetapkan sebagai tersangka penerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi sejumlah Rp 6 miliar bersama-sama Arfan.‎‎ Diduga uang senilai Rp 6 miliar itu sebagai `uang ketok palu` untuk anggota DPRD Jambi. Uang diberikan agar anggota DPRD Jambi mengesahkan rancangan APBD Jambi tahun anggaran 2018.

Terkait kasus itu, Zumi juga telah dicegah berpergian ke luar negeri untuk enam bulan ke depan. Tim penyidik KPK juga telah menggeledah Rumah Dinas Gubernur Jambi, Villa milik Zumi, dan rumah milik saksi di Kota Jambi. Dari penggeledahan itu, tim mengamankan ‎sejumlah dokumen dan uang dalam pecahan rupiah dan dolar Amerika Serikat.‎

TAGS : Suap Anggaran Jambi Zumi Zola




TERPOPULER :