Rabu, 21/08/2019 23:37 WIB

Ini Alasan Minnie Driver Mundur Sebagai Duta Besar Oxfam

Pimpinan badan amal tersebut secara pribadi khawatir akan lebih banyak selebriti dan bahkan sponsor korporat menarik dukungan mereka sebagai pukulan balik atas skandal seks.

Minnie Driver (Foto: Sky News)

Jakarta - Artis Minnie Driver memutuskan mengundurkan diri sebagai duta besar Oxfam. Keputusan itu menurutnya, sebagai bentuk protes terhadap lembaga amal yang diterpa skandal seks.

Artis yang susah mendukung Oxfam selama 20 tahun itu mengaku ngeri atas tuduhan, beberapa staf Oxfam berhubungan seks dengan pelacur di negara-negara yang terkena krisis.

Pengundurna diri  Driver menyusul lebih dari 1.270 orang membatalkan sumbangan bulanan mereka untuk lembaga swadaya tersebut dalam tiga hari. Pembatalan tersebut mewakili kemungkinan kerugian sebesar 12.039 pounds terling per bulan (Rp228 juta) atau 144.468 pounds sterling per tahun atau sekitar Rp2,7 miliar, berdasarkan sumbangan bulanan rata-rata 9,48 pounds sterling atau sekitar Rp18 juta.

Pimpinan badan amal tersebut secara pribadi khawatir akan lebih banyak selebriti dan bahkan sponsor korporat menarik dukungan mereka sebagai pukulan balik atas skandal seks yang dilakukan oleh staf Oxfam sendiri.

Dalam sebuah pernyataan, wanita yang berusia 48 tahun itu mengatakan, "Saya sedikit pun tidak takut atas tuduhan terhadap Oxfam International."

"Dengan tegas saya akan terus mendukung organisasi ini atau para pemimpinnya. Meskipun, sangat disayangkan, setelah 20 tahun, saya tidak dapat lagi membela diri dan membela melalui kerangka kerja spesifik ini, ketidakadilan sosial dan ekonomi lebih banyak terjadi di dunia daripada sebelumnya," jelasnya, dilansir dari Telergraph, Rabu (14/2).

"Saya pasti tidak akan membiarkan kesalahan yang menjijikkan dari organisasi yang mengganggu menghentikan saya atau orang lain agar tidak bekerja dengan orang-orang baik di tempat ini untuk mendukung populasi manusia di seluruh dunia yang membutuhkan pertolongan kita," sambungnya.

Dalam perannya sebagai duta besar Oxfam, bintang film Hollywood Good Will Hunting telah melakukan perjalanan ke negara-negara termasuk Kamboja dan Thailand untuk menyoroti pekerjaan yang dilakukan oleh organisasi bantuan kemanusiaan. Sebagai penyanyi-penulis lagu dia juga telah melakukan konser bersama dengan bintang-bintang termasuk Jamelia dan REM untuk mengumpulkan dana.

Juru bicara Oxfam memuji komitmen Driver terhadap badan amal tersebut dan untuk mengakhiri kemiskinan global. Ia mengatakan"Keputusannya untuk mundur sebagai Duta Oxfam sangat menyedihkan kami, tapi kami juga memahami dan menghormati pilihannya."

Dari hari Sabtu hingga Senin, tercatat 1.270 orang menghubungi badan amal tersebut untuk mengakhiri pembayaran bulanan mereka, pembatalan setara dua bulan hanya dalam tiga hari. Beberap sponsor korporat Oxfam mengkaji hubungan mereka dengan organisasi bantuan kemanusiaan tersebut.

 

TAGS : Minnie Driver Oxfam Skandal Seks




TERPOPULER :