Sabtu, 20/04/2024 09:43 WIB

UE Tangguhkan Pendanaan untuk Program WHO di Kongo Menyusul Skandal Seks

Surat 7 Oktober dari Komisi Eropa memberi tahu WHO tentang penangguhan segera pembiayaan untuk lima program WHO, termasuk operasi Ebola dan COVID-19. 

Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) (Foto: Reuters)

JENEWA, Jurnas.com - Komisi Eropa menangguhkan pendanaan untuk program Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Republik Demokratik Kongo karena kekhawatiran atas penanganan badan PBB itu atas skandal pelecehan seksual.

Surat 7 Oktober dari Komisi Eropa memberi tahu WHO tentang penangguhan segera pembiayaan untuk lima program WHO, termasuk operasi Ebola dan COVID-19. Jumlah totalnya lebih dari 20,7 juta euro (US$24,02 juta).

Komisi, dalam sebuah pernyataan email kepada Reuters di Brussels, mengkonfirmasi langkah tersebut, dengan mengatakan, "pihaknya mengharapkan mitra untuk memiliki perlindungan yang kuat untuk mencegah insiden yang tidak dapat diterima seperti itu serta untuk bertindak tegas dalam situasi seperti itu".

"Komisi untuk sementara menangguhkan pembayaran dan akan menahan diri dari pemberian dana baru terkait dengan kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh WHO di Republik Demokratik Kongo. Langkah ini tidak mempengaruhi pendanaan UE untuk operasi WHO di tempat lain," katanya.

Pejabat WHO yang dihubungi secara terpisah untuk memberikan komentar tidak segera menjawab.

Penangguhan pendanaan Uni Eropa meningkatkan tekanan diplomatik pada WHO dan direktur jenderalnya, Tedros Adhanom Ghebreyesus, untuk mengambil tindakan lebih lanjut atas pelanggaran yang didokumentasikan dan kelalaian manajemen, dan untuk mencegahnya terjadi lagi di mana saja.

Tedros, yang secara luas diyakini mencari masa jabatan lima tahun kedua pada Mei, telah mengarahkan respons global terhadap COVID-19, krisis kesehatan masyarakat terburuk dalam satu abad. Tetapi donor utama yang dipimpin Amerika Serikat (AS) dan Jerman menuntut reformasi mendasar terhadap kemampuannya untuk menangani wabah dan skandal tersebut.

Sekitar 83 pekerja bantuan, seperempat dari mereka dipekerjakan oleh WHO, terlibat dalam pemaksaan dan pelecehan seksual selama epidemi Ebola ke-10 di Kongo, sebuah komisi independen mengatakan bulan lalu. Laporan itu mengutip sembilan tuduhan pemerkosaan.

Salinan surat Uni Eropa dikirim ke Code Blue Campaign, bagian dari Aids-free World, sebuah kelompok pengawas yang bertujuan untuk mengakhiri impunitas atas pelanggaran seksual yang dilakukan oleh personel sipil dan militer PBB.

Surat Komisi Eropa, yang ditujukan kepada Tedros, menyuarakan "keprihatinan ekstrem" atas "besarnya temuan".

Ia mencari jaminan bahwa para korban telah dilindungi dan diberi kompensasi; rincian proses rekrutmen WHO di Kongo termasuk pemeriksaan latar belakang; tindakan WHO untuk memastikan tersangka pelaku tidak dipekerjakan kembali oleh PBB atau kelompok bantuan; dan tinjauan independen tentang tanggung jawab individu dalam WHO atas kelalaian dalam menangani tuduhan dan bukti.

"Mengingat gawatnya situasi yang dilaporkan, Komisi dengan ini menangguhkan semua pembayaran yang relevan dengan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi Anda di Republik Demokratik Kongo," bunyinya.

Komisi mencari jawaban WHO dalam waktu 30 hari dan mengatakan Brussels kemudian akan mengambil 30 hari lagi untuk memutuskan apakah akan melanjutkan pembayaran atau mengkonfirmasi penangguhan hingga 30 hari lagi. Sementara itu, tidak ada dana baru yang akan diberikan kepada WHO untuk kegiatan di Kongo, tambahnya.

WHO pekan lalu mengeluarkan rencananya untuk mencegah kesalahan lebih lanjut oleh pekerja bantuan yang dikerahkan dalam operasi lapangannya, bersumpah untuk memastikan skandal itu akan menjadi katalisator untuk transformasi mendalam budaya WHO.

Gaya Gamhewage, penjabat direktur pencegahan dan tanggapan WHO terhadap eksploitasi, pelecehan dan pelecehan seksual, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara minggu ini bahwa lebih banyak wanita telah melaporkan eksploitasi dan pelecehan seksual oleh pekerja bantuan selama krisis Ebola dari 2018-2020.

Dia mengulangi bahwa WHO merujuk tuduhan pemerkosaan kepada otoritas nasional untuk penyelidikan dan mengatakan bahwa WHO mengirim semua 83 file kasus ke penyelidik PBB di New York untuk tindakan mengenai karyawan dari semua lembaga.

Paula Donovan, co-director AIDS-Free World dan Code Blue Campaign-nya, mengatakan dalam sebuah pernyataan bulan ini setelah rencana tanggapan manajemen WHO dikeluarkan bahwa badan tersebut gagal mengejar sebagian besar pelaku.

“Ini adalah langkah mundur yang sangat besar. WHO memperlakukan lusinan kejahatan kekerasan yang dituduhkan terhadap personel dan pejabat tingginya sendiri sebagai pelanggaran sederhana terhadap aturan PBB. Jika pemerintah membiarkan PBB lolos begitu saja, ini akan menjadi kemenangan yang solid bagi impunitas PBB.

"Seluruh proses memperkuat gagasan palsu bahwa personel dan pejabat senior PBB berada di atas hukum," katanya.

KEYWORD :

Uni Eropa Pendanaan WHO Kongo Skandal Seks




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :