Rabu, 21/02/2018 16:09 WIB

Aneh, Kekayaan Moeldoko Tak Tercatat Punya Mobil

Harta Moeldoko itu lebih besar ketimbang harta yang dilaporkan Yuyu.

Empat pejabat yang dilantik Presiden Joko Widodo adalah Idrus Marham, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar dan Marsdya Yuyu Sutisna di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (17/1/2018). (Antara/Bayu Prasetyo)

Jakarta - Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Moeldoko dan Marsekal Madya Yuyu Sutisna dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (17/1/2018). Moeldoko dipercaya Jokowi s‎ebagai Kepala Staf Presiden (KSP) dan Yuyu sebagai ‎Kepala Staf Angkatan Udar (KSAU).

Dalam laman acch.kpk.go.id, diketahui keduanya pernah melaporkan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPK. Moeldoko tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp 28.712.301.249. Harta tersebut yang terakhir dilaporkan Moeldoko pada 16 Agustus 2013 atau saat menjabat saat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Dalam LHKPN itu tercatat, Moeldoko memiliki harta tak bergerak senilai Rp 20,3 miliar. Harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan itu tersebar di sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Bekasi, Pasuruan, hingga Pontianak. Namun anehnya, dalam laporan itu Moeldoko tak tercatat memiliki harta bergerak berupa mobil dan motor.

Moeldoko tercatat memiliki 80 ekor ikan arwana seharga Rp 200 juta. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu tercatat memiliki logam mulia senilai Rp900 juta, batu mulia Rp 3,5 miliar dan benda bergerak lainnya sejumlah Rp 122,5 juta. Moeldoko tercatat memiliki giro dan setara kas lainnya senilai Rp 3,6 miliar dan US$450.000.

Harta Moeldoko itu lebih besar ketimbang harta yang dilaporkan Yuyu. Dalam pelaporan LHKPN ‎ketika menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I tahun 2016, harta kekayaan Yuyu ‎tercatat sebesar Rp 4.413.571.474 ‎dan US$43.580.

Jumlah tersebut terdiri dari harta tak bergerak dan bergerak. Untuk harta taka bergerak, Yuyu tercatat memiliki beberapa bidang tanah dan bangunan di Bogor, Bandung, Bekasi, dan Jakarta senilai Rp 3,5 miliar.

‎Sementara harta bergerak Yuyu jumlahnya Rp 526,5 juta. Harta tersebut berupa alat transportasi berupa mobil Toyota Avanza, VW Combi, VW Beetle, Toyota Hardtop, Mitsubishi Pajero, dan motor Honda Astrea.

Lulusan Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) tahun 1986 ini juga memiliki harta bergerak lainnya, berupa logam mulia, batu mulia, hingga barang-barang seni dan antik, yang seluruhnya senilai Rp135 juta. Yuyu juga tercatat memiliki giro dan setara kas sebesar Rp 160,1 juta dan US$43.580.‎
Moeldoko dan Yuyu hari ini dilantik presiden Joko Widodo bersama Menteri Sosial Idrus Marham dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar.

TAGS : Joko Widodo Moeldoko Jokowi




TERPOPULER :