Rabu, 19/06/2019 05:42 WIB

Pekerja Anak Membludak di Irak

Menurut hasil survey terbaru, sebanyak 4,9 persen penduduk Irak ialah pekerja anak.

Pekerja anak di Irak (foto: Memo)

Baghdad - Jumlah pekerja anak di Irak semakin mengkhawatirkan. Menurut hasil survey terbaru, sebanyak 4,9 persen penduduk Irak ialah pekerja anak. Demikian pernyataan yang diungkapkan oleh Kementerian Kerjasama Perencanaan dan Pembangunan Irak.

Dilansir dari Anadolu Agency, pada awal bulan ini pemerintah Irak menghitung jumlah pekerja anak di negara tersebut ternyata sudah mencapai 37 juta.

"Anak-anak yang bekerja berusia antara 5-17 tahun membentuk total 4,9 persen. Termasuk 7,1 laki-laki dan 2,5 perempuan," ujar pemerintah Irak.

Sebab utama meningginya angka pekerja anak di Irak diawali dari invasi Amerika Serikat ke negara tersebut pada 2003 silam. Angka pekerja anak pernah mencapai 8 persen pada 2009, dan mulai menunjukkan penurunan di tahun-tahun berikutnya.

Selama beberapa tahun, berbagai LSM perlindungan anak mendesak pemerintah membuka mata atas permasalahan ini. Ribuan anak meninggalkan sekolah dan memasuki dunia kerja, demi membantu keluarga mereka.

"Anak-anak terlibat dalam profesi yag berbahaya. Terutama profesi yang berkaitan dengan perbaikan kendaraan di mana sebagian besar bisnis itu tidak memiliki jaminan keselamatan dan pengamanan yang memadai," kata LSM lokal.

TAGS : Irak Timur Tengah Pekerja Anak




TERPOPULER :