Rabu, 24/04/2019 19:33 WIB

Hasil Survei, Milton-Boyman Paling Populer di Kalbar

Dari sejumlah tokoh yang disebut-sebut bakal meramaikan Pilkada Kalimantan Barat (Kalbar) 2018, pasangan Milton Crosby–Boyman Harun memiliki tingkat popularitas paling tinggi.

Ilustrasi Pilkada 2018

Jakarta - Dari sejumlah tokoh yang disebut-sebut bakal meramaikan Pilkada Kalimantan Barat (Kalbar) 2018, pasangan Milton Crosby–Boyman Harun memiliki tingkat popularitas paling tinggi.

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) dari hasil survei jajak pendapat jelang Pilkada Kalbar 2018. Survei bertajuk tema "Masyarakat Akcaya Tak Kunjung Binasa" itu dilakukan untuk mengukur tingkat popularitas, akseptabilitas, kapabilitas, dan keterpilihan bakal pasangan kepala daerah Kalbar.

Direktur Eksekutive LKPI, Arifin Nur Cahyono mengungkapkan, pasangan yang diuji dalam survei ini diantaranya adalah pasangan Sutarmidji-Ria Norsan, Karolin Margaret Natasya-Suryadman Gidot, Milton Crosby–Boyman Harun dan Hildi Hamid-Lasarus.

Menurutnya, dalam hasil survei ditemukan tingkat pengenalan masyarakat dan kesukaan masyarakat pada nama pasangan bakal calon kepala daerah yang diuji, pasangan Milton–Boyman memiliki tingkat popularitas dan disukai oleh masyarakat Kalimantan Barat sebesar 87,2 persen.

"Sedangkan Sutarmidji-Ria Norsan 83,2 persen, pasangan Karolin Margaret Natasya-Suryadman Gidot 64,8 persen, dan Hildi Hamid- Lasarus 82,7 persen, Sutarmidji-Ria Norsan dinaggap bersih dari korupsi oleh 71,2 persen, lalu Hildi Hamid-Lasarus 69,3 persen," kata Arifin, dalam rilisnya, Jumat (22/12).

Sedangkan pasangan yang dinilai paling bersih dari potensi kasus korupsi, pasangan Milton–Boyman dinilai oleh 88,7 persen responden sebagai pasangan yang bersih dari korupsi.

"Sedangkan pasangan  Karolin Margaret Natasya- Suryadman Gidot dinilai sebagai pasangan yang bersih dari korupsi hanya oleh 51,8 persen responden," tandasnya.

Tak hanya itu, lanjut Arifin, pasangan Milton– Boyman juga dinilai oleh 89,3 persen responden sebagai pasangan yang cerdas dan visioner. Mereka juga dikenal bijaksana, memahami sistem birokrasi, memiliki pengalaman memimpin, kemampuan komunikasi yang baik pada masyarakat.

"Mereka diyakini memiliki kualifikasi yang tinggi ditambah dengan komitmen yang kuat kepada masyarakat yang dipimpinnya," terangnya.

Dari hasil survei, Arifin meyakini bahwa Milton– Boyman akan mampu merubah wajah provinsi Kalbar menjadi indah, serta dapat menggiring perangkat birokrasinya untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan mampu menggerakkan ekonomi Kalimantan Barat untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Sementara Pasangan Hildi Hamid- Lasarus terkait kriteria sebagai pasangan kepala daerah yang di inginkan oleh masyarakat seperti  diatas dinilai oleh sebanyak 72,8 persen responden ,lalu pasangan Sutarmidji -Ria Norsan 73,2 persen dan pasangan  Karolin Margaret Natasya- Suryadman Gidot  64,2 persen," jelasnya.

Diketahui, survei ini dilakukan sejak 10-19 Desember 2017 dengan responden sebanyak 2225 orang dari tiga kota dan 11 kabupaten di Kalbar. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar kurang lebih 2,1 persen.

TAGS : Pilkada 2018 Pilgub Kalbar Hasil Survei




TERPOPULER :